Home Tutorial Tips Menggunakan Trackpad di MacBook

Tips Menggunakan Trackpad di MacBook

Tips Menggunakan Trackpad di MacBook

Ketika kamu membeli MacBook, sekilas tiada yang berbeda. Namun ketika kamu menggunakannya, pasti merasakan sesuatu yang berbeda. Salah satunya adalah mouse sentuh di MacBook, alias trackpad. Trackpad ini pada dasarnya sama dengan trackpad pada umumnya. Hanya saja trackpad ini lebih banyak dikustom untuk penggunaan OSX. Sehingga bagi yang terbiasa dengan Windows pasti akan sedikit kebingungan.

Salah satu yang paling kelihatan berbeda adalah ketiadaannya klik kanan. Trackpad Apple memang tidak menyediakan fitur klik kanan seperti pada kebanyakan trackpad Windows. Namun bukan berarti kita tidak bisa menggunakan fungsi klik kanan. Apple hanya mengganti caranya dengan metode yang berbeda. Nah, selain itu semua apa saja bedanya?

Klik

Untuk menggunakan klik di Trackpad, kita bisa memanfaatkan fitur Force Touch. Force Touch hanya tersedia di beberapa model trackpad, termasuk trackpad MacBook Pro Retina. Dengan force touch, kita punya pilihan untuk melakukan klik sesuai dengan level kekuatan tekanan. Ada klik biasa, klik sedang, dan klik kuat.

Klik biasa adalah dengan melakukan klik ringan seperti biasa. Fungsinya untuk memilih menu pilihan, melakukan double klik, dan sebagainya. Klik sedang contohnya saat kita melakukan drag and drop file. Sedangkan klik kuat adalah untuk melakukan tindakan tertentu seperti mencari arti dari sebuah kata, preview gambar, dan sebagainya.

Perlu diingat, bahwa trackpad tidak mendukung fungsi klik kanan. Jadi untuk melakukannya, kamu harus melakukan klik dengan dua jari secara biasa. Klik dua jari akan memunculkan menu tambahan yang sama dengan klik kanan pada mouse. Namun kamu tetap bisa menggunakan klik kanan jika menggunakan mouse Windows.

Jika kamu menggunakan Windows di Boot Camp, kamu tetap bisa menggunakan fasilitas klik. Hanya saja kamu harus menggunakan klik sedang, bukan klik biasa. Termasuk juga ketika kamu mau menggunakan klik kanan. Tekan dua jari di trackpad lalu klik hingga berbunyi “klik” di trackpad.

Scroll dan Zoom

Trackpad juga mendukung fitur scroll dan zoom sama seperti trackpad yang ada di laptop Windows. Untuk melakukan scroll halaman browser atau aplikasi apa pun ke atas dan ke bawah,  gunakan dua jari. Lalu untuk melakukan zoom perbesar dan perkecil tampilan dengan cara mencubit atau pinch dengan dua jari. Untuk melakukan smart zoom di aplikasi browser atau foto, bisa menggunakan double tap dengan dua jari. Kamu juga bisa memutar foto saat kamu membuka foto dengan cara menggunakan dua jari lalu memutarnya ke kanan atau kiri.

Jika kamu menggunakan Windows, maka fasilitas scroll dan zoom bisa kamu temukan. Caranya juga tidak berbeda dengan gerakan scroll dan zoom yang ada di OS X. Scroll ke atas dan ke bawah sama seperti OS X.

Gerakan Lain

Untuk gerakan lainnya ini adalah fitur unik yang mungkin hanya ada di trackpad buatan Apple. Untuk membuka Mission Control, swipe ke atas dengan menggunakan tiga jari. Membuka App Exposé, gesek ke bawah menggunakan tiga atau empat jari. Untuk membuka desktop, kita cukup melakukan pinch dengan jempol dan tiga jari seperti melakukan zoom out. Untuk menampilkan launchpad, cukup dengan pinch seperti cara melakukan zoom in namun dengan jempol dan tiga jari.

Sayangnya fitur fitur gerakan seperti ini tidak didukung di Windows, bahkan saat saya menggunakan Boot Camp sekalipun. Mungkin karena Apple memang mendesain fitur ini khusus untuk OS X saja. Beberapa trackpad laptop Windows juga sudah mendukung fungsi sentuhan lima jari namun tetap tidak mampu menghadirkan pengalaman pengguna seperti Mac.

Tips Menggunakan Trackpad di MacBook

Sebenarnya kita bisa mengatur bagaimana trackpad akan bekerja. Misalnya untuk beralih antar halaman secara default adalah gesek dua jari ke kanan atau kiri. Nah kita bisa ubah misalnya menjadi gesek tiga jari dan sebagainya. Caranya masuk ke Preferensi Sistem -> TrackPad. Cukup mudah kan? Kamu juga bisa melihat animasi demo tentang gerakan trackpad tersebut.

 

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong