Home Basic Apa itu Spotify: Mengenal Spotify dengan Lebih Dalam

Apa itu Spotify: Mengenal Spotify dengan Lebih Dalam

Apa itu Spotify: Mengenal Spotify dengan Lebih Dalam

Sulit untuk memisahkan musik dari kehidupan sehari-hari. Faktanya, musik sudah menjadi bagian erat dari aktivitas kita setiap hari. Media distribusi musik pun terus berevolusi mengikuti perkembangan jaman. Jika dahulu distribusi utama musik melalui radio, di era internet seperti sekarang ini distribusi musik lumrah dilangsungkan melalui layanan music streaming.

Apa itu Spotify

Apa itu Spotify: Mengenal Spotify dengan Lebih Dalam

Spotify merupakan layanan streaming musik, dimana kamu bisa mendengarkan jutaan musik yang ada didalamnya melalui berbagai perangkat. Di ekosistem Apple sendiri, Spotify bisa kamu nikmati di iPhone, iPad, bahkan juga Mac. Spotify juga menyediakan web player yang bisa kamu akses melalui browser, serta sebentar lagi juga merilis Spotify untuk Apple Watch.

Spotify vs Apple Music: Kelebihan Spotify

Apple sebenarnya juga memiliki layanan streaming musik, bahkan sudah langsung terintegrasi melalui aplikasi Music di iPhone / iPad, serta iTunes di Mac. Tetapi ada beberapa kelebihan Spotify dibandingkan Apple Music, antara lain:

  • Spotify memiliki discovery musik yang lebih baik. Kamu bisa lebih mudah mengeksplorasi lagu baru yang mungkin kamu sukai berdasarkan artis, related songs, fitur Daily Mix, Public playlist, dan sebagainya. Mencari dan menemukan lagu favorit di Spotify terasa lebih mudah daripada di Apple Music — at least sampai saat ini.
    Apa itu Spotify: Mengenal Spotify dengan Lebih Dalam
  • Spotify memiliki opsi akun gratis, yang meskipun didukung iklan dan tidak bisa didownload offline, tetapi cukup untuk membuat kamu menikmati jutaan musik meskipun tidak berlangganan secara berbayar.
  • Spotify tersedia di berbagai platform, tidak hanya di perangkat Apple saja. Meskipun Apple Music juga tersedia di Android, tetapi Spotify tersedia di platform yang lebih luas lagi, bahkan juga Windows Phone / Windows 10 Mobile!
  • UX dan UI Spotify terasa lebih friendly dan mudah dinavigasi daripada Apple Music.
  • Biaya bulanan Spotify juga lebih murah dari Apple Music.

Spotify vs Apple Music: Kekurangan Spotify

Meskipun punya banyak kelebihan, bagi kamu pengguna perangkat Apple, Spotify juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  • Dibandingkan Apple Music, ada beberapa artis yang koleksi lagunya tidak lengkap di Spotify — bahkan tidak ada sama sekali. Beberapa diantara sengaja tidak mau bekerja sama karena Spotify menyediakan versi gratis yang bagi beberapa artis dan label dianggap kurang menguntungkan.
  • Kamu juga harus menginstall aplikasi Spotify sendiri, berbeda dengan Apple Music yang sudah terintegrasi di iOS, macOS, dsb.

Cara Menggunakan Spotify

Apa itu Spotify: Mengenal Spotify dengan Lebih Dalam

Untuk menggunakan Spotify, kamu tinggal install saja aplikasi Spotify dari Apple Store (iOS), atau download aplikasi Spotify untuk Mac langsung dari halaman utama Spotify. Jika kamu ingin mendengarkan lagu melalui web player (browser), langsung saja kunjungi Spotify Web Player disini.

Setelah itu kamu tinggal daftar dan login, lalu bisa langsung menikmati setiap lagu yang ada didalamnya. Saya sendiri merupakan pengguna Spotify Premium, yang memiliki kelebihan untuk mendengarkan lagu tanpa iklan serta bisa mendownload lagu untuk didengarkan offline.

Apa itu Spotify: Mengenal Spotify dengan Lebih Dalam

Cara menggunakannya juga tidak sulit. Begitu sudah terdaftar dan login, kamu tinggal cari saja judul lagu atau artis yang lagunya ingin kamu dengarkan. Setelah itu pilih dan mainkan.

Oh iya, Spotify Premium hanya bisa didengarkan di 1 perangkat dalam sekali waktu. Jadi jika kamu sedang akses di MacBook, maka saat membukanya di iPhone, akses di MacBook kamu akan dihentikan untuk dipindahkan ke iPhone. Untuk bisa menggunakannya di lebih dari satu perangkat, kamu bisa berlangganan paket Family sehingga bisa kamu sharing dengan keluarga yang lain hingga 6 akun.

Harga Berlangganan Spotify

Saat ini harga premium membership Spotify adalah 49.990 rupiah (free trial 30 hari), sedangkan versi Family (premium untuk 6 akun) adalah 79.000 rupiah. Bagi kamu yang tidak ingin berlangganan secara berbayar, tetap bisa menggunakan versi gratisnya tetapi dengan dukungan iklan serta tidak bisa didownload untuk didengarkan offline.

Nah itulah dia penjelasan tentang apa itu Spotify, berapa harganya, serta kelebihan dan kekurangan Spotify dibandingkan Apple Music. Jika kamu punya pertanyaan atau uneg-uneg lainnya, tidak perlu ragu untuk menyampaikannya di kolom komentar.

  Mengganti Baterai MacBook Pro Sendiri  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Cross platform tech author.