Home Mac Awas Malware Mac Menyamar Sebagai Adobe Flash Installer

Awas Malware Mac Menyamar Sebagai Adobe Flash Installer

Awas Malware Mac Menyamar Sebagai Adobe Flash Installer

Mungkin kamu semua sudah tahu kalau virus dan malware Windows jauh lebih banyak daripada malware yang ada di Mac OS X atau macOS terbaru. Namun bukan berarti Mac dan MacBook tidak bisa kena virus atau malware berbahaya sama sekali.

Jika kamu pengguna sistem operasi Windows sejak tahun 2008, kamu pasti tahu malware dengan nama ‘Snake’ atau disebut juga dengan nama Turla atau Uroburos. Dilansir dari MalwareBytes, ‘Snake’ sudah mengalami port alias diporting ke Mac dan bisa menginfeksi Mac dan MacBook.

Virus atau malware ini aslinya adalah malware yang ada di Windows dan sekarang siap menyebar dan menginfeksi jutaan komputer Mac dan MacBook. Cara penyebarannya adalah menyamar sebagai Adobe Flash Installer dengan sertifikat kadaluwarsa yang tidak resmi.

Awas Malware Mac Menyamar Sebagai Adobe Flash Installer

Pada mulanya ditemukan aplikasi Install Adobe Flash Player.app.zip. Ketika dibuka, pengguna harus memasukkan password untuk install Adobe Flash Player di komputer Mac. Selain memasang Adobe, malware ini menyusup ke sistem di folder /Library/Scripts/.

Untung Apple sudah menutup sertifikat palsu Snake tersebut. Aplikasi dari MalwareBytes juga kabarnya sudah update ke versi terbaru, bisa memindai dan menemukan Snake serta menghapusnya.

Jika kamu sudah kena, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah ganti semua password yang ada di komputer tersebut. Kedua adalah berhati-hati saat melakukan instalasi aplikasi baru dan selalu mencari sumber instalasi yang paling terpercaya.

Bagaimana? Kamu kena malware Snake ini juga?

via MalwareBytes

  Cara Format Flashdisk / Hardisk di Mac  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong