Home Accesories 6 Tips Membeli Kabel Data Untuk iPhone dan iPad

6 Tips Membeli Kabel Data Untuk iPhone dan iPad

6 Tips Membeli Kabel Data Untuk iPhone dan iPad

iPhone dan iPad tentu saja sudah menyediakan kabel data di dalam paket penjualannya dan pastinya merk Apple. Paket data tersebut sudah satu set dengan charger sehingga bisa kamu pasang ke adapter charger untuk mengisi baterai, atau juga dilepas untuk digunakan sebagai kabel data ke PC, Laptop, atau komputer Mac.

Yang cukup unik dari kabel data iPhone dan iPad adalah penggunaan port dan konektor Lightning. Ya, Apple tidak mengimplementasikan micro USB atau USB-C di kabel data iPhone atau iPad, melainkan konektor dan port Lightning yang merupakan teknologi proprietary Apple.

Jadi, kamu tidak akan bisa meminjam kabel data temanmu yang menggunakan teknologi micro USB, USB-C, atau merk lain sebagainya. Kamu harus terus menggunakan port Lightning untuk bisa menggunakan kabel data di iPhone atau iPad.

Namun ada kalanya kabel data tersebut rusak dan kamu harus membeli yang baru. Membeli kabel data terbaik memang sangat mudah. Cukup datang ke Apple Authorized terdekat dan beli. Gampang kan?

Namun beberapa tips berikut mungkin berguna dan bisa membantu kamu dalam memilih kabel data terbaik untuk iPhone dan iPad sebelum memutuskan untuk membeli yang baru.

 

Beli Kabel Data Lightning Asli dan Original Apple

Cara terbaik agar kamu bisa mendapatkan kabel data lightning terbaik untuk iPhone dan iPad kamu adalah dengan membeli kabel data yang asli. Kabel data asli hanya bisa kamu beli di toko Apple Authorized yang tersebar di beberapa kota di seluruh Indonesia.

6 Tips Membeli Kabel Data Untuk iPhone dan iPad

Kelebihan membeli kabel data asli tentu saja sudah mendapatkan garansi dan dukungan purna jual dari Apple. Kamu bisa klaim garansi jika memang diperlukan. Selain itu, kualitas barang juga pasti terjaga. Baca: Inilah Harga Charger iPhone yang Asli Resmi dari Apple

 

Tidak Resmi Dari Apple? Jangan Asal Pilih Merek

Kamu boleh saja beli kabel data Lightning yang tidak diproduksi langsung oleh Apple. Namun bukan berarti semua kabel data Lightning itu memiliki kualitas yang sama bagus dan sama baik dengan yang asli dari Apple.

6 Tips Membeli Kabel Data Untuk iPhone dan iPad

Pasitkan kamu hanya membeli dari merek yang memang sudah terkenal saja. Di beberapa Apple Authorized juga menjual kabel data Lightning bukan dari Apple, jadi pastikan jika ingin kabel data non-Apple dengan harga murah kamu juga tetap harus melihat kualitas serta layanan purna jualnya juga.

 

Pilih Yang Sudah Standar MFI

Kamu pernah dengar apa itu MFI? Ya, MFI adalah singkatan dari Made for i yang mana “i” di sini merujuk pada iPhone, iPad, dan iPod. Standar tersebut diberikan Apple kepada para produsen pihak ketiga untuk membuat produk serupa namun tetap pada standar Apple.

6 Tips Membeli Kabel Data Untuk iPhone dan iPad

Contoh yang paling populer adalah kabel data Lightning. Meskipun Lightning adalah teknologi proprietary milik Apple, namun Apple mengizinkan produsen pihak ketiga memproduksi Lightning dengan syarat harus tetap dalam standar Apple.

 

Periksa Garansi dan Purna Jual

Garansi dan purna jual sangat penting, khususnya jika kamu membeli kabel data dari produsen pihak ketiga. Tidak semua produsen memiliki cakupan garansi dan kualitas purna jual yang sama.

Kalau mau aman ya tentu saja beli langsung dari Apple Authorized resmi di Indonesia. Selain garansi dan purna jual yang jelas, kamu juga akan mendapatkan produk dengan kualitas tinggi langsung dari Apple.

 

Cek Kualitas dan Fitur

Sebagaimana aksesoris standar MFi, kualitas bahan dan fitur tambahan juga bisa kamu pertimbangkan karena kabel Lightning to USB dari produsen pihak ketiga memiliki banyak bentuk dan juga fitur tambahan lain.

6 Tips Membeli Kabel Data Untuk iPhone dan iPad

Kamu bisa mencari kabel Lightning to USB yang punya bahan kuat serta warna terang agar mudah dicari, memilih kabel yang lebih pendek dari standar buatan Apple agar lebih mudah dibawa kemana saja, dan lain sebagainya.

Untuk fitur tambahan, beberapa kabel Lightning to USB yang menggunakan port USB-C untuk pengganti USB biasa, baterai tambahan sebagai pengganti Power Bank atau mungkin beberapa contoh lainnya.

 

Segera Beli dan Jangan Tunggu Kabel Lama Rusak

Membeli kabel data lebih awal memang bagus untuk pencegahan kerusakan, kehilangan, atau lain sebagainya. Memang tidak salah untuk membeli kabel data ketika sudah hampir rusak, namun saran terbaik adalah beli kabel data baru ketika sudah ada tanda-tanda kerusakan.

6 Tips Membeli Kabel Data Untuk iPhone dan iPad

Membeli kabel data cadangan lebih awal tentu saja membuat perasaan lebih tenang karena jika rusak sudah ada cadangan dan gantinya. Jika beli ketika sudah rusak, tentu saja selain harus melewati proses membeli, ada kemungkinan stok sudah habis sehingga malah menyusahkan kamu yang akan segera menggunakan kabel data.

Nah itu dia adalah 6 tips untuk membeli kabel data terbaik untuk iPhone dan iPad kamu. Bagaimana? Ada tips dan trik lain?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita juga 😀

  Review Keyboard Logitech K480  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode