Home Mac 1Password dan Aplikasi Lain Mendadak Tidak Bisa Dibuka?

1Password dan Aplikasi Lain Mendadak Tidak Bisa Dibuka?

1Password dan Aplikasi Lain Mendadak Tidak Bisa Dibuka?

Aplikasi Mac OS X atau macOS populer 1Password for Mac akhir-akhir ini mengalami masalah. Pengguna tidak bisa membuka aplikasi Mac tersebut karena alasan yang tidak jelas. Namun sekarang sang developer, AgileBits sudah menyelesaikan masalah tersebut.

Apa penyebab masalah aplikasi 1Password tersebut? Ternyata penyebabnya tidak lain adalah karena developer certificate telah expired seperti yang telah dijelaskan dalam blog mereka.

Baca Juga:

Customers were getting an error message when trying to start 1Password […] We knew our developer certificate was going to expire on Saturday, but thought nothing of it because we believed those were only necessary when publishing a new version. Apparently that’s not the case. In reality it had the unexpected side effect of causing macOS to refuse to launch 1Password properly …

Ternyata tidak cuma 1Password, tetapi beberapa aplikasi Mac OS X atau macOS juga mengalami masalah serupa ketika didownload selain dari App Store. Biasanya aplikasi yang didownload dari situs web sang developer langsung.

Seperti biasa, macOS akan melakukan cek aplikasi sebelum membuka aplikasi dan menjalankan aplikasi tersebut. Ketika ada masalah seperti masalah developer certificate, maka aplikasi tidak akan bisa dibuka.

Dilansir dari MacRumors, aplikasi lain selain 1Password yang mengalami masalah adalah Soulver dan PDFPen. Aplikasi tersebut juga mengalami masalah yang sama dengan 1Password.

1Password dan Aplikasi Lain Mendadak Tidak Bisa Dibuka?

Dulu masalah seperti ini tidak pernah terjadi, namun semua berubah ketika Apple mengharuskan aplikasi membawa provisioning profile di setiap aplikasi. jadi ketika sertifikat sudah kadaluwarsa, aplikasi akan error dan tidak bisa dibuka lagi.

Bagaimana? Ada aplikasi Mac yang error di Mac atau MacBook kamu?

Share pendapat kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter juga 😀

via MacRumors

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong