Home Review Review Lengkap iOS 9.3: Night Shift Mode, Notes, Dan Lain-lain

Review Lengkap iOS 9.3: Night Shift Mode, Notes, Dan Lain-lain

Review Lengkap iOS 9.3: Night Shift Mode, Notes, Dan Lain-lain

iOS adalah sistem operasi buatan Apple yang digunakan untuk lini perangkat mobile milik mereka seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch. Beruntunglah bagi para pemilik perangkat iOS. Pasalnya, Apple sangat rajin dalam menyediakan pembaruan sistem operasi iOS ke berbagai perangkatnya, bahkan iPhone 4s yang sudah tertinggal empat generasi. Nah, iOS terbaru yang dirilis untuk publik kemarin malam adalah versi iOS 9.3.

Penantian panjang itu terbayar sudah. Setelah mencatatkan rekor sebagai iOS dengan versi Beta paling lama, yaitu Beta 7, kini para pengguna perangkat iOS (yang support dengan upgrade iOS 9.3) di seluruh dunia sudah bisa mencicipinya karena sudah tersedia dalam bentuk rilis publik. Versi baru, pasti ada yang baru. Apa sajakah itu?

Night Shift

Review Lengkap iOS 9.3: Night Shift Mode, Notes, Dan Lain-lain

Ini adalah fitur pertama yang langsung bisa saya nikmati. Ya, night shift. Fitur ini akan mengubah tampilan layar di perangkat iOS menjadi berwarna kuning kecoklatan. Tujuannya agar paparan sinar biru yang kita terima bisa berkurang. Mengapa? Karena menurut oenelitian, paparan sinyal biru dapat menghambat dan mengganggu pola tidur manusia. Sinar biru yang dipancarkan pada berbagai perangkat dan gadget misalnya. Dengan mengubah warna menjadi kuning kecoklatan, maka paparan sinar biru akan berkurang.

Review Lengkap iOS 9.3: Night Shift Mode, Notes, Dan Lain-lain

Saya sendiri sudah mencobanya. Saya mengaktifkan pengaturan agar Night Shift menyala secara otomatis saat matahari terbenam hingga matahari terbit kembali. Memang benar, saat magrib tiba, Night shift langsung menyala. Peningkatan tingkat kekuningannya juga bertahap. Saat magrib, masih sedikit kekuningan. Namun ketika sudah jam 9 lebih, sudah sangat kekuningan. Ketika subuh tiba, berangsur angsur berkurang dan benar-benar mati saat saya lihat langit sebelah timur sudah cukup terang. Apakah saya bisa tidur dengan lebih nyenyak di malam hari? Entahlah. Dibutuhkan beberapa hari untuk membuktikannya. Namun yang jelas, mata menjadi lebih jarang lelah ketika menggunakan gadget.

Notes

emang benar, saat magrib tiba, Night shift langsung menyala.

Notes terbaru juga mendukung mode sortir dalam bentuk data diciptakan, data dimodifikasi atau urut berdasarkan abjad. Selain itu, fitur yang tidak kalah pentingnya adalah fitur untuk mengunci catatan. Catatan bisa terkunci agar tidak dibuka oleh orang lain. Bagaimana untuk membukanya? Caranya adalah dengan menggunakan sandi ataupun Touch ID.

Review Lengkap iOS 9.3: Night Shift Mode, Notes, Dan Lain-lain

Saya sudah mencoba membuat contoh catatan lalu saya kunci dengan Touch ID. Saat catatan terkunci, kita tidak bisa melihatnya, sehingga harus masuk dengan menggunakan Touch ID untuk bisa membukanya. Benar-benar sangat bermanfaat.

Review Lengkap iOS 9.3: Night Shift Mode, Notes, Dan Lain-lain

App News

Review Lengkap iOS 9.3: Night Shift Mode, Notes, Dan Lain-lain

Untuk aplikasi News sendiri, saya tidak mecobanya secara langsung karena iPhone dan iPad saya menggunakan region dan bahasa Indonesia. Namun kabar dari situs Apple, iOS 9.3 memberikan update untuk aplikasi News berupa trending topic dan Editor’s pick. Selain itu, jika konten terdapat video, maka video tersebut bisa diputar dalam aplikasi itu juga.

Health

Aplikasi Health mengalami perubahan dan penambahan fitur. Terdapat menu yang akan memunculkan aplikasi-aplikasi apa saja yang mampu memantau beberapa kategori seperti langkah dan kalori. Selain itu, terdapat juga kategori baru yaitu “Activity” yang mengambil data aktivitas yang tersimpan dalam Apple Watch. berhubung saya belum punya Apple Watch, saya belum bisa mencoba fitur yang satu ini.

iPad for EducationReview Lengkap iOS 9.3: Night Shift Mode, Notes, Dan Lain-lain

Fitur ini tersedia untuk memudahkan para administrator perangkat iPad dalam suatu lingkungan sekolah, seperti melakukan pengaturan materi yang dapat diakses, membuat platform pengujian, hingga memanage semua admin. Info lengkap lihat di situs Apple ini.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong