Home News Hati-Hati! Muncul Ransomware Pertama di OS X

Hati-Hati! Muncul Ransomware Pertama di OS X

ransomwareUntuk kamu yang suka mencari-cari dan mendownload file melalui Torrent, kamu harus extra hati-hati. Baru-baru ini diketahui bahwa ada sebuah Ransomware yang disebar dengan cara menginfeksikannya pada aplikasi client BitTorrent, Transmission.

Ransomware ini merupakan yang pertama menyerang OS X, dan dikenal dengan nama KeRanger. Setelah terpasang selama tiga hari, KeRanger akan melakukan enkripsi dan menyerang data-data dan sistem, membuat korban harus membayar sekitar $400 melalui bitcoin ke alamat tertentu untuk mengembalikan data mereka. Akan tetapi, untungnya semua data yang hilang masih bisa dikembalikan melalui Time Machine.

Untuk menghindari kasus ini, kamu jangan sekali-kali mendownload Transmission versi 2.90 atau jika sudah terlanjur mendownloadnya update ke versi 2.92 untuk menghilangkan malware tersebut.

Update

Ransomeware merupakan sejenis malware yang bisa menyerang dengan melakukan enkripsi pada data komputer atau ponsel pengguna. Malware ini mampu mencuri data pengguna, menghapus informasi, merusak sistem, dan sebagainya. Pengguna dipaksa untuk membayar sejumlah uang untuk mendapatkan kunci dekripsinya. Pengguna biasanya dijanjikan akan memperoleh kembali data-data yang dicuri, sistem yang kembali berjalan normal, dan kembalinya informasi yang hilang.

Namun demikian, belum dapat dipastikan apakah penyerang benar-benar menghilangkan ransomeware atau hanya membuat virus tersebut tidur. Saat ini pihak Apple sudah mencabut sertifikat dari KeRangger dan memberikan update XProtect untuk mencegah terinstallnya KeRangger.

Kini, banyak sekali bahaya yang yang tersebar di dunia Maya. Kita harus semakin berhati-hati untuk mendownload sesuatu. Nah, bagaimana menurutmu? Jangan lupa membagikan pendapatmu disini ya. 🙂

 

Via: iMore

  Bikin Sendiri Bootable USB macOS!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.