Home Mac 6 Adapter Tambahan Untuk MacBook dengan USB-C

6 Adapter Tambahan Untuk MacBook dengan USB-C

6 Adapter Tambahan Untuk MacBook dengan USB-C

Kamu sudah tahu kalau New MacBook Pro 2016 akan menggunakan 4 port Thunderbolt 3? Ya, itu artinya kamu tidak akan pernah bisa lagi menyambungkan perangkat USB biasa seperti flashdisk atau perangkat lainnya seperti HDMI, Thunderbolt 2, dan adapter SD Card. Kamu memerlukan cukup banyak adapter tambahan untuk bisa menggunakan banyak perangkat dan juga banyak port.

Tentu saja hal ini disebabkan adopsi USB-C masih belum cukup banyak. Apalagi untuk banyak konektor perangkat dan aksesoris yang beredar di pasaran Indonesia. Butuh waktu juga bagi masyarakat untuk beralih ke konektor terbaru ini. Alasannya sederhana, yaitu harga. Kamu harus keluar uang lagi untuk membeli banyak adapter.

Baca Juga:

Jika kamu berniat membeli MacBook Pro 2016, artinya kamu juga harus sudah siap untuk beralih (sudah punya banyak uang 😀 ). Pasalnya uang yang kamu keluarkan untuk menebus harga adapter tidak bisa dibilang murah. Adapter apa saja yang kamu perlukan jika berniat membeli MacBook Pro dengan konektor USB-C ini?

USB-C to USB Adapter

Ini dia adapter tambahan pertama kali harus kamu miliki. Hampir semua perangkat dan aksesoris saat ini menggunakan USB-A atau kita sebut saja USB biasa alias bukan USB-C. Port USB ini sebelumnya digunakan untuk menghubungkan MacBook ke iPhone, iPad, USB SuperDrive, flashdisk, dan masih banyak lagi. Sangat aneh jika USB membutuhkan adapter. Namun di masa depan penggunaan USB-C pasti juga akan semakin meningkat.

6 Adapter Tambahan Untuk MacBook dengan USB-C

Kamu bisa membeli USB-C to USB Adapter ini di toko-toko reseller Apple Indonesia terdekat. Sudah banyak juga yang menjual adapter ini bahkan dari pihak ketiga sekalipun. Kualitasnya juga banyak yang bagus kok. Kamu bisa beli adapter mana yang cocok untuk kamu gunakan bersama port USB-C.

USB-C to VGA Adapter

6 Adapter Tambahan Untuk MacBook dengan USB-C

Jika kamu masih sering menggunakan VGA untuk keperluan presentasi dengan menggunakan proyektor maka kamu tentu saja membutuhkan tambahan adapter ke VGA. Bahkan menggunakan MacBook Pro Retina Display dan MacBook Air juga butuh adapter. Kamu bisa menggunakan adapter USB-C to VGA dari merek apapun. Contohnya adalah USB-C to VGA adapter dari Belkon ini -> Belkin USB-C to VGA Adapter

USB-C to Gigabit Ethernet

6 Adapter Tambahan Untuk MacBook dengan USB-C

Bekerja dengan lingkungan jaringan perusahaan? Ada kemungkinan kamu juga akan membutuhkan sambungan ethernet. Kamu pasti membutuhkan USB-C to Gigabit Ethernet untuk menyambungkan MacBook pro ke ethernet. Kamu juga bisa membeli adapter ini dari merek apa saja, salah satunya adalah Belkin USB-C to Gigabit Ethernet Adapter

USB-C Card Reader

6 Adapter Tambahan Untuk MacBook dengan USB-C

Buat kamu sang fotografer dan terbiasa menggunakan MacBook pasti sering dong transfer foto dari kartu SD atau microSD ke MacBook dengan menggunakan adapter. Sayangnya, MacBook Pro 2016 tidak ada lagi card reader adapter ini. Kamu perlu card reader USB-C ini untuk bisa membaca kartu memori ke MacBook Pro lewat USB-C. Salah satunyg bisa kamu beli adalah SanDisk Extreme Pro SD UHS-II Card USB-C Reader.

USB-C Digital AV Multiport Adapter

6 Adapter Tambahan Untuk MacBook dengan USB-C

Adapter port tambahan ini terbilang sangat lengkap. Kamu bisa menghubungkan MacBook Pro ke beragam konektor seperti USB-C to HDMI, Standard USB, hingga USB-C lainnya. Sangat praktis dan tentu saja harganya lebih mahal. Kamu bisa membelinya di toko reseller Apple atau dari web Apple USB-C Digital AV Multiport Adapter

Thunderbolt 3 to Thunderbolt 2

6 Adapter Tambahan Untuk MacBook dengan USB-C

Pengguna setia Thunderbolt 2? Meskipun Thunderbolt 3 menggunakan konektor USB-C kamu masih bisa bekerja dengan Thunderbolt 2 dengan bantuan port Thunderbolt 3 to Thunderbolt 2 dari Apple ini. Kamu bisa beli di reseller Apple Indonesia atau dari situs web Apple Thunderbot 3 to Thunderbolt 2.

Bagaimana? Tertarik membeli MacBook Pro 2016? Sudah siap membeli banyak adapter tambahan untuk kebutuhanmu? Atau malah 4 port Thunderbolt 3 sudah cukup?