iPhone Cepat Panas? Lakukan 6 Tips Berikut Ini!

Panas yang berlebihan tentu tidak baik untu iPhone kamu. Sebab hal tersebut dapat merusak komponen internal iPhone jika dibiarkan terlalu lama—terutama pada baterai dan prosesor. Jika kamu sedang mengalaminya saat ini, atau ingin tahu bagaimana terhindari dari hal tersebut, maka kamu bisa cara artikel ini lebih lanjut untuk mengetahuinya.

Berikut MacPoin berikan 6 tips yang bisa kamu coba ketika mendapati iPhone dalam keadaan panas.

Lepas Casing iPhone

Untung alasan estetika, banyak pengguna iPhone yang memasang casing tambahan. Meskipun sebenarnya hal ini juga dapat melindungi body iPhone supaya tetap terawat, tetapi hal ini terkadang juga bisa jadi penyebab masalah iPhone menjadi panas, terlebih jika kamu menggunakan casing dari bahan yang cukup tebal sehingga mengganggu sirkulasi iPhone.

Kamu bisa coba lepas casing terlebih dahulu jika mendapati iPhone overheating.

Hindari Penggunaan iPhone saat Pengisian

Penggunaan iPhone dalam keadaan sedang mengisi memang tidak dianjurkan. Karena pada saat pengisian, komponen internal akan mendapat induksi listrik sebagai bagian dari proses pengisian baterai. Dengan kamu menggunakan iPhone saat pengisian, maka komponen akan bekerja ekstra–terlebih pada prosesor dan baterai–yang mana tentunya dapat menyebabkan panas berlebih.

Pastikan Menggunakan Charger Resmi Apple

Menggunakan charger murah juga dapat menyebabkan komponen iPhone cepat panas saat charging, bahkan merusak komponen internal. Maka sangat dianjurkan untuk menggunakan kabel charger dan adapter resmi dari Apple, atau dari pihak-3 yang sudah tersertifikasi MFi (Made for iPhone/iPad).

Jauhkan iPhone dari Sinar Matahari

Memastikan iPhone tidak terkena sinar matahari secara langsung adalah hal yang penting. Karena hal ini sering ditemui pada beberapa kasus pada iPhone yang ditinggalkan didalam mobil dengan posisi langsung terkena sinar matahari.

Selain itu, ada baiknya juga untuk tidak melakukan pekerjaan yang memberatkan komponen iPhone–seperti bermain game atau merekam video dengan durasi yang lama–saat dibawah terik matahari langsung. Hal ini juga dapat menyebabkan panas berlebih pada iPhone.

Cek Perbaruan iPhone dan Aplikasi

Ada baiknya kamu juga cek perbaruan iPhone dan aplikasi yang ada secara berkala. Karena biasanya update yang dirilis akan memberikan perbaikan bug dan peningkatan performa, serta memperbaiki masalah pada versi sebelumnya–yang mungkin menyebabkan iPhone kamu menjadi panas.

Kamu bisa cek perbaruan iPhone melalui Settings > General > Software Update. Untuk cek perbaruan aplikasi bisa dilakukan melalui App Store.

Mematikan Background App Refresh

Background App Refresh merupakan fitur yang memungkinkan aplikasi tetap berjalan secara background, meskipun kita tidak sedang membukanya. Hal ini tentu akan membutuhkan konsumsi baterai dan CPU ekstra, yang mana bisa membuat iPhone kamu lebih panas.

Kamu bisa mematikan fitur ini dengan cara membuka Settings > General > Background App Refresh > Background App Refresh > tap opsi Off.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu coba jika mengalami masalah iPhone panas. Sebenarnya merupakan hal lumrah jika iPhone mengalami kenaikan suhu, yang jadi perhatian adalah terdapat perbedaan antara hangat dan panas.

Jadi penting bagi kamu untuk memastikan bahwa iPhone harus berada di lingkungan yang sejuk jika memungkinkan. Selain itu jika kamu menggunakan casing tambahan, pastikan tidak mengganggu sirkulasi pada iPhone.

Jika kamu memiliki tips lain untuk mengurangi atau mencegah panas pada iPhone, pastikan kamu membagikannya melalui kolom komentar ya!

Aditya Rizky

Pengguna aktif iPhone 11 Pro. Not a fanboy.

Post navigation