Tuntutan Qualcomm ke Apple Ditolak Pengadilan Jerman

Chip komputer desktop berbasis ARM saat ini masih sangat jarang. Justru Apple yang saat ini bisa dibilang sukses besar menggunakan chip berbasis ARM untuk komputer desktop dan laptop.

Apa yang dilakukan Apple ini setidaknya membuktikan bahwa chip berbasis ARM bukanlah chip yang fokus pada performa rendah saja. Chip berbasis ARM juga bisa bersaing atau bahkan mengalahkan prosesor berbasis x86 di kelas yang sama.

Terinsipirasi dari Apple, Qualcomm berencana untuk merilis chip berbasis ARM mereka untuk pasar PC desktop dan laptop. Chip ini dirancang oleh Nuvia, perusahaan chip berbasis ARM yang sebelumnya resmi diakuisisi oleh Qualcomm.

Menurut Qualcomm, pengembangan chip ini diharapkan bisa selesai pada 2023 dan siap dirilis ke pasaran pada akhir 2023 mendatang. Chip ini dikabarkan akan mampu bersaing dengan Apple Silicon.

Hal yang lebih menarik untuk disimak adalah fakta bahwa Nuvia didirikan oleh para mantan karyawan Apple yang sebelumnya juga mengembangkan chip untuk produk Apple.

Kira-kira seperti apa ya chip dari Qualcomm ini?

via Apple Insider

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.