Pabrik iPhone Terbesar Tidak Akan Ada Lagi di Tiongkok

Foxconn adalah salah satu rekanan Apple yang bertugas untuk memproduksi iPhone. Saat ini mereka sudah membuka operasi produksi iPhone di India dan sudah berjalan dalam beberapa tahun terakhir.

Hal ini untuk mengurangi ketergantungan dengan Tiongkok akibat dari perang dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok. India dipilih karena dianggap punya sumber daya yang mumpuni.

Kini mereka menghadapi masalah di China. Ya, baru-baru ini pemerintah Tiongkok mengumumkan lockdown di Shenzhen, salah satu wilayah di mana pabrik Foxconn berada.

Mereka tak bisa memproduksi iPhone dan tak mampu memenuhi permintaan pasar yang masih tinggi. Solusinya adalah mereka mulai mengalihkan sebagian besar produksinya ke India.

Uniknya, Apple sukses melobi pemerintah India untuk melakukan “denotifying” yang membuat pabrik Foxconn di Chennai beroperasi di bawah zona ekonomi khusus dan memiliki banyak benefit.

Apple dan Foxconn berhak untuk meningkatkan tenaga kerja mereka demi peningkatan produksi. Nantinya hasil dari produksi tersebut akan dijual di area lokal.

via Apple Insider

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.