Apple Perkenalkan M1 Ultra, Punya 20-Core CPU, 64-Core GPU dan RAM 128GB

Buat kamu yang terkesima dengan performa M1 Pro dan M1 Max, mungkin kamu harus melihat M1 Ultra. Ya, chip Apple silicon terbaru untuk Mac desktop ini resmi diperkenalkan oleh Apple hari ini.

Sudah tentu karena ini adalah chip desktop, performanya akan jauh lebih baik. Hal ini karena desktop punya sistem pendinginan yang lebih baik sehingga bisa mengakomodasi chip dengan performa super kencang.

M1 Ultra ini punya spesifikasi CPU 20-core, GPU 64-core, Neural Engine 32-core, dan RAM 128GB. Sudah jelas ini bukan chip sembarangan. Seperti apa performanya?

M1 Ultra memberikan kinerja luar biasa dalam melakukan compile kode, bekerja dengan dokumen 3D yang tak bisa dirender dengan mudah, dan mentranskode video ke ProRes hingga 5,6x lebih cepat dibandingkan Mac Pro 28-core dengan Afterburner.

M1 Ultra menggunakan konektor bernama UltraFusion untuk menggabungkan dua buah M1 Max menjadi satu buah chip. Jadi meskipun ada dua buah M1 Max namun sistem akan membacanya sebagai satu kesatuan.

Penggunaan 2 CPU dalam sebuah komputer akan meningkatkan latensi, pengurangan bandwidth, dan peningkatan konsumsi daya alias boros listrik. UltraFusion diklaim bisa mengatasi semua masalah ini.

Bagaimana menurutmu mengenai M1 Ultra ini?

via Apple Newsroom

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.