iOS 11.3 Beta 1 Dirilis, Inilah 14 Fitur Baru iOS 11.3 Beta

Buat kamu yang sedang membangun smart home dengan platform Apple HomeKit, maka kamu membutuhkan Home Hub untuk bisa memaksimalkan performa dari smart home milikmu.

Dengan Home Hub, beberapa fitur tambahan akan bisa digunakan. Mulai dari mengakses aksesoris HomeKit dengan jaringan yang berbeda, memberikan akses ke orang lain, hingga melakukan automation atau otomasi.

Kamu bisa menggunakan HomePod, HomePod mini, Apple TV, maupun iPad sebagai Home Hub. Di antara semua perangkat tersebut, iPad adalah perangkat paling banyak dijual di pasaran.

Jika kamu sebelumnya sudah punya iPad, maka kamu bisa menggunakan iPad sebagai Home Hub. Tak perlu iPad canggih, karena yang penting iPad tersebut minimal sudah mendukung iOS 10.

Saya pribadi menggunakan iPad Air generasi pertama dan mentok di iOS 12. Saya bisa menggunakan iPad lawas tersebut sebagai Home Hub.

Caranya sangat mudah. Cukup masuk ke Settings -> Home lalu aktifkan “Use this iPad as a Home Hub”. Voila, selesai!

Cara Membuat iPad Menjadi Home Hub Aksesoris Apple HomeKit

Mudah kan? Apakah ada kekurangan menggunakan iPad dibandingkan dengan HomePod dan Apple TV? Dengan iPad, kamu harus menggunakan iPad sambil diisi daya baterainya.

Jika iPad yang kamu gunakan adalah produk lawas yang sudah jarang kamu pakai, tentu saja hal ini tak jadi masalah. Namun jika iPad tersebut adalah iPad utama kamu yang sering kamu pakai, tentu saja tidak cocok dipakai sebagai Home Hub. 

Cara Membuat iPad Menjadi Home Hub Aksesoris Apple HomeKit

Meskipun bisa jadi Home Hub, tapi iPad sejatinya kurang cocok digunakan sebagai Home Hub karena iPad pada dasarnya adalah perangkat mobile. Bukan perangkat rumah yang bersifat terus menancap di colokan listrik. Itulah sebabnya Apple lebih menyarankan HomePod, HomePod mini dan Apple TV sebagai perangkat Home Hub. 

Saran saya sih beli saja HomePod mini untuk Home Hub. Selain karena murah dan mudah proses setupnya, HomePod mini juga sudah mendukung Thread, Matter, dan dukungan software terbaru.

Sayangnya HomePod dan HomePod mini tidak masuk ke Indonesia secara resmi. Kamu tetap bisa membelinya dari toko-toko online di marketplace lokal. Konsekuensinya adalah colokan yang digunakan pakai standar luar negeri atau negara asal HomePod tersebut.

Bagaimana? Apakah kamu sudah sukses menjadikan iPad menjadi Home Hub?

  ⚡️ 8,999 Jutaan! Unboxing Samsung Galaxy S21 FE 5G Resmi Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.