Apple dan Qualcomm Akhirnya Memilih Damai

Sudah satu tahun sejak Apple resmi merilis Mac pertama dengan Apple silicon berbasis ARM. Apple saat ini sudah merilis chip M1, M1 Pro dan juga M1 Max.

Ketiga chip tersebut terbilang sangat luar biasa karena bisa memberikan performa tinggi dan di saat yang sama mengonsumsi daya listrik yang jauh lebih sedikit ketimbang prosesor Intel.

Beberapa kompetitor mulai melihat peluang untuk lepas dari prosesor berbasis x86 yang saat ini dikuasai oleh Intel dan AMD. Qualcomm sebagai salah satu produsen chip berbasis ARM melihat peluang yang bagus.

Mereka siap menantang Apple dalam persaingan chip berbasis ARM di pasar komputer desktop maupun laptop. Hal ini diungkapkannya pada acara investor day 2021 kemarin.

Chip untuk PC desktop dan laptop dari Qualcomm diklaim bisa memberikan performa dan efisiensi daya yang lebih baik dari prosesor berbasis x86 seperti Intel dan AMD.

Yang membuat hal ini semakin menarik untuk dinanti adalah karena chip baru Qualcomm ini dirancang oleh Nuvia. Nuvia sendiri adalah perusahaan yang didirikan oleh tiga orang mantan insinyur Apple, yang pada akhirnya diakuisisi oleh Qualcomm.

Kira-kira nanti seperti apa ya persaingan PC di masa depan?

via 9to5mac

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.