Ngeri, Apple Sedang Garap Apple Silicon 32-Core

Apple boleh berbangga dengan chip M1 berbasis ARM buatan mereka sendiri karena mampu memberikan peningkatan performa yang signifikan namun tetap hemat daya listrik.

Performa single-core M1 bahkan langsung mengalahkan semua Mac dan MacBook yang menggunakan prosesor Intel. Termasuk Intel Core i9 dan Intel Xeon.

Apple memang kemungkinan besar tak akan merilis Mac baru dengan prosesor Intel meskipun proses transisi masih berlangsung hingga tahun depan. Ketika proses transisi 2 tahun tersebut resmi selesai, maka resmi tak akan ada lagi Mac dengan prosesor Intel yang dijual Apple.

Inovasi terbaru dari Intel, yakni Intel Alder Lake juga kemungkinan besar tak akan mengubah pandangan dan keputusan Apple meskipun Intel Alder Lake adalah prosesor yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya.

Intel Alder Lake adalah prosesor Intel generasi ke-12. Sementara itu, prosesor Intel paling mutakhir yang ada di komputer Mac adalah prosesor Intel generasi ke-10 yang ada pada Mac keluaran awal 2020. Contohnya adalah MacBook Pro 13 inch dan iMac 27 inch.

Intel Alder Lake resmi diperkenalkan beberapa waktu yang lalu, namun masih terbatas pada varian komputer dekstop. Versi paling mutakhir, yakni Intel Core i9-12900K dilengkapi dengan 16-core, dengan 8-core kinerja tinggi dan 8-core efisiensi tinggi.

Menurut bocoran yang sudah beredar, skor benchmark single-core Intel Alder Lake sedikit lebih tinggi dari M1, M1 Pro, dan M1 Max. Untuk skor multi-corenya mampu meraih skor yang lebih tinggi secara signifikan. Hal ini karena M1 Pro dan M1 Max cuma dibekali 10-core saja. Sedangkan Core i9-12900K punya 16-core.

Namun prosesor tersebut ditujukan untuk komputer desktop. Core i9-12900K tercatat menggunakan daya antara 125W hingga 241W. Sedangkan M1 Pro dan M1 Max tidak membutuhkan daya lebih dari 40W saja. Jelas ini perbedaan yang sangat signifikan.

Meskipun terlihat “menang”, namun harus disadari pula bahwa chip M1 Pro dan M1 Max ini pada dasarnya masih sama-sama chip M1 yang dirilis pada tahun 2020 yang lalu, dan sama-sama berbasis Apple A14 Bionic.

Apple belum merilis chip M2, yang akan berbasis Apple A15 Bionic. Kabarnya Apple baru akan merilis Mac pertama dengan chip M2 pada awal tahun depan. 

Kita lihat saja seperti apa persaingan antara prosesor Intel dengan chip Apple silicon ke depannya.

via Intel

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.