Performa Grafis M1 Max Setara GeForce RTX 3080 Dan Lebih Hemat 100 Watt

Buat kamu seorang gamer di komputer atau PC pasti membutuhkan performa kartu grafis super kencang. Bahkan saat ini sudah tersedia laptop dengan performa grafis yang sangat tinggi.

Sebut saja MSI GE Series GE76 Raider 11UH-053 17.3″ dan Razer Blade 15 Advanced RZ09-0409CE53 yang dibekali dengan NVIDIA GeForce RTX 3080. Bahkan bisa disebut sebagai salah satu kartu grafis laptop terbaik saat ini.

Bagaimana dengan Mac? Bukan rahasia lagi jika Mac memang kurang bagus untuk gaming. Hal ini karena Mac tak pernah menggunakan CPU dan GPU kelas atas layaknya laptop gaming.

Namun sepertinya kondisi ini sudah mulai berubah. Apple baru saja memperkenalkan MacBook Pro dengan M1 Pro dan M1 Max. Performa kartu grafisnya bisa dibilang sangat gila untuk ukuran kartu grafis integrated.

Bagaimana tidak, M1 Pro dibekali 16-core GPU dan M1 Max dibekali 32-core GPU. Alhasil, performa grafisnya meningkat drastis. Bahkan Apple tak sungkan menyebut merek kompetitor dalam sebuah pengujian.

Apple mengatakan bahwa performa grafis M1 Max lebih cepat dari Razer Blade 15 Advanced RZ09-0409CE53 yang dibekali dengan NVIDIA GeForce RTX 3080 16GB.

Performa M1 Max diklaim sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan MSI GE Series GE76 Raider 11UH-053 yang juga sama-sama dibekali dengan NVIDIA GeForce RTX 3080 16 GB namun dengan GPU Power with Dynamic Boost 155W.

Performa Grafis M1 Max Setara GeForce RTX 3080 Dan Lebih Hemat 100 Watt

Sekilas hal ini memang sangat tak masuk akal. Bagaimana mungkin kartu grafis integrated bisa bersaing ketat dengan salah satu kartu grafis diskrit terbaik untuk laptop saat ini?

Berhubung MacBook Pro dengan M1 Max belum dirilis ke pasaran dan belum ada orang yang menggunakannya, maka kita tunggu saja sampai banyak yang merilis pengujian untuk bisa melihat perbandingan lebih jelas dan objektif.

Namun yang paling menarik untuk dilihat adalah Apple mengklaim bahwa M1 Max bisa lebih hemat daya hingga mencapai 100 watt. Ini semakin terlihat tidak masuk akal.

Saya pribadi sebenarnya juga masih tak percaya. Namun saya juga harus akui bahwa pengetahuan kita tentang PC tradisional semakin tidak relevan dengan Mac dan Apple silicon.

Saya juga sangat menantikan respon apa yang akan diambil oleh Intel, AMD dan Nvidia. Belum pernah saya membayangkan persaingan komputer bisa seseru ini.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.