Layar MacBook Air 2020 Bisa Kena Masalah Staingate?

Penggunaan komputer adalah hal yang wajib untuk perusahaan di era sekarang ini. Setidaknya ada pilihan untuk perusahaan yang ingin mengadopsi teknologi komputer.

Ada PC Windows, Linux, dan komputer Mac buatan Apple. Ketiganya tentu saja punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mitos yang paling populer adalah PC Windows lebih murah dari Mac.

Mungkin hal ini benar untuk konsumen biasa. Khususnya bagi mereka yang memang cuma menggunakan komputer atau laptop untuk keperluan harian seperti mengecek dan membalas email, membuka dan mengolah dokumen, browsing, dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan perusahaan? Apakah menggunakan Mac lebih mahal dari PC Windows atau Linux? Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Forrester pada Juli 2021 mendapati fakta sebaliknya.

Menurut studi tersebut, total keuntungan ekonomi menggunakan Mac justru lebih tinggi dari PC Windows. Maksudnya adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk menggunakan Mac lebih kecil dan di saat yang sama manfaatnya lebih besar.

Studi yang dilakukan Forrester tersebut menggunakan Mac dengan chip Apple M1. Seperti yang kita tahu, harga Mac dengan M1 cenderung lebih murah dari harga Mac dengan prosesor Intel.

Hal pertama yang membuat Mac lebih murah adalah karena Mac lebih sedikit membutuhkan tenaga ahli untuk mengatur (manage) dan merawatnya (maintain). Menggunakan Mac bisa menghemat biaya operasional dan support.

Kedua adalah spesifikasi Mac dengan M1. Mac M1 paling murah yang bisa langsung digunakan oleh perusahaan adalah MacBook Air. Sudah dilengkapi dengan layar monitor, keyboard, dan trackpad dan dijual dengan harga mulai dari $999.

Uniknya, MacBook Air M1 dengan harga paling murah ini bisa langsung dipakai tanpa perlu upgrade apapun lagi. Berbeda dengan MacBook Air dengan prosesor Intel yang performanya jauh lebih lambat, khususnya yang dijual dengan harga paling murah sehingga perlu upgrade RAM.

Terakhir adalah masalah keamanan. Tidak ada komputer yang benar-benar aman dari perangkat lunak jahat seperti virus, worm, trojan dan ransomware. Termasuk Mac dan macOS. Namun Mac punya kecenderungan lebih aman dibandingkan dengan Windows.

Hal ini karena kebanyakan program jahat diciptakan untuk Windows. Malware Windows tak bisa berjalan di macOS. Apple juga melengkapi teknologi keamanan lain seperti Touch ID, FileVault 2, dan juga Gatekeeper untuk meningkatkan keamanan macOS.

via Forrester

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.