Transaksi di App Store Alami Kenaikan Tajam di 2020

Privasi adalah hal yang menjadi fokus utama Apple di tengah praktik para raksasa perusahaan yang menjual data pengguna demi keuntungan mereka. Namun bagaimana dengan aplikasi pihak ketiga yang ada di App Store?

Bukan hal yang aneh jika ada aplikasi iOS yang mencuri data pengguna. Sebut saja Google dan Facebook. Namun ternyata bukan aplikasi dari dua perusahaan besar tersebut saja.

Menurut data dari Zimperium, ada hampir 10.000 aplikasi di App Store yang mencuri data pengguna. Ada yang melacak pengguna secara diam-diam, dan ada yang meminta izin dulu dari pengguna meskipun pada akhirnya juga tetap mencuri data diam-diam.

Zimperium juga mencatat bahwa kebocoran data bisa juga terjadi karena adanya kesalahan konfigurasi cloud yang mengekspos data pengguna. Beberapa layanan cloud yang populer dipakai adalah Amazon Web Service, Google Cloud, dan Microsoft Azure.

Zimperium tidak merinci aplikasi apa saja yang membocorkan data pengguna. Namun tak menutup kemungkinan aplikasi favoritmu juga mencuri datamu atau bahkan membocorkan datamu ke pihak lain.

via Techtimes

  ⚡️ Huawei Watch Fit Elegant Edition! Apa yang Baru..??  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.