Rover Mars Perseverance yang belakangan ini membuat sejarah dengan mendarat di planet Mars ternyata masih menggunakan prosesor yang dibuat 23 tahun silam. Uniknya, prosesor tersebut pernah digunakan iMac G3 yang dirilis tahun 1998.

iMac G3

Seperti yang dilaporkan oleh NewScientist, rover tersebut menggunakan PowerPC 750, chip yang sama dengan iMac G3 di 1998. Meskipun chipsetnya sama, namun ada perbedaan antara prosesor yang dijual ke konsumen dengan yang menjelajah angkasa. Prosesor dalam rover tersebut dibuat khusus agar bertahan pada temperatur -55 sampai 125 derajat Celcius dan dihargai $200.000 dolar AS.

Rover Mars Perseverance

PowerPC 750 memiliki prosesor single core 233MHz, 6 juta transistor dan dibuat berdasarkan arsitektur 32-bit. Jika dibandingkan dengan prosesor modern tentu kalah jauh dimana rata-rata memiliki 16 juta chip.

Lantas kenapa NASA memilih memakai prosesor yang sudah sangat jadul? Karena prosesor tersebut tahan banting. Jika dibandingkan dengan prosesor modern, tingkat error nya jauh lebih kecil. Di medan Mars yang berat reliability jauh lebih penting daripada fitur dan kecepatan. Perlu kamu ketahui pesawat jet tempur juga masih menggunakan prosesor yang sama lo.

via MacRumors

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.