Final Cut Pro dan Logic Pro Kini Dioptimasi Untuk M1

Salah satu kelebihan dari software profesional Apple ketimbang alternatif lain dari pihak ketiga adalah lisensi sekali beli dan dapat update untuk selamanya. Salah satu yang paling populer adalah Final Cut Pro.

Software profesional untuk edit video ini memang menjadi alternatif terbaik untuk pengguna Mac dan MacBook yang tidak ingin membeli lisensi berlangganan Adobe Creative Cloud untuk mengakses Adobe Premiere Pro.

Sekali beli, kamu bisa mendapatkan update selamanya dan bisa diinstall di banyak Mac dengan akun Apple ID yang sama. Namun kebijakan Apple ini bisa saja berubah.

Sebab, dilansir dari 9to5mac, Apple bisa jadi akan mengubah sistem lisensi Final Cut Pro dari sekali beli ke sistem berlangganan. Wah tentu saja hal ini bisa berdampak positif atau negatif.

Menurut saya pribadi, sisi positifnya adalah harga berlangganan perbulannya akan sangat murah dan akan ada lebih banyak pengguna yang menggunakan Final Cut Pro untuk proyek editing video jangka pendek. Setelah proyek selesai, mereka akan berhenti berlangganan.

Kekurangannya tentu saja untuk mereka yang menggunakan Final Cut Pro jangka panjang. Bisa jadi biaya berlangganannya akan jadi lebih mahal dari biaya sekali beli.

Sejauh ini baru Final Cut Pro saja yang diberitakan akan beralih ke sistem berlangganan. Masih belum jelas apakah software profesional Apple lainnya seperti Logic Pro juga akan berubah jadi berlangganan juga atau tidak.

Bagaimana menurutmu?

via 9to5mac

  ⚡️ Huawei Watch Fit Elegant Edition! Apa yang Baru..??  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.