Safari 14 Bisa Pakai Extension Chrome dan Firefox Hasil Porting

Sudah bukan hal baru lagi jika Google Chrome memang rakus memori. Hal ini yang membuat banyak pengguna Mac menggunakan Safari, khususnya para pengguna MacBook. Selain hemat RAM juga lebih hemat penggunaan baterai.

Meskipun begitu, sebenarnya seberapa besar sih penggunaan RAM di Google Chrome jika dibandingkan dengan Safari? Ternyata Google Chrome bisa lebih rakus RAM hingga 10 kali lipat.

Pengembang browser Flotato, Morten Just, melakukan pengujian antara Google Chrome dan Safari untuk melihat penggunaan RAM dan efektifitasnya dengan melakukan aktifitas browsing ringan dan berat. Dia juga tidak memasang ekstensi sama sekali di kedua browser tersebut.

Pada pengujian pertama, Google Chrome menggunakan 730MB, sementara Safari hanya 73MB. Uniknya di pengujian kedua, Chrome menggunakan RAM hingga 290MB sementara Safari cuma 12MB, alias 24 kali lebih rakus RAM.

Rupanya Chrome memang dirancang seperti itu. Chrome mengalokasikan RAM dan CPU tersendiri di Task Managar agar lebih responsif dalam loading web. Safari memang kalah responsif performanya dalam loading web, namun perbedaannya tidak terlalu terasa untuk penggunaan biasa.Β 

Meskipun percobaan yang dilakukan Morten Just mungkin tidak sepenuhnya akurat, namun kita sepertinya sepakat bahwa Google Chrome memang lebih rakus memori.

via MacRumors

  Technow #51: Android 12, iPad Mini Pro, Nintendo Switch 2, Galaxy Watch Pake Wear OS..?? πŸ”₯πŸ”₯  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.