Apple Siap Hentikan Dukungan Adobe Flash di Safari

Adobe resmi menghentikan dukungan untuk Adobe Flash. Bahkan Adobe juga sangat menyarankan para pengguna untuk segera menonaktifkan dan menghapus Flash dari perangkat mereka.

Untuk pengguna iPhone dan iPad, tak perlu khawatir karena Flash tak pernah hadir di perangkat tersebut. Hal ini bahkan sangat ditegaskan oleh Steve Jobs dalam surat terbuka beberapa saat setelah iPad resmi diperkenalkan.

Menurut Steve Jobs, Flash sangat tidak cocok untuk perangkat mobile seperti iPhone, iPod touch dan iPad. Flash adalah teknologi yang dibangun dengan dasar “desktop in mind”.

Beberapa hal seperti keandalan, kompabilitas dengan situs web mobile, dan penggunaan energi adalah beberapa isu yang menjadi perhatian Apple pada saat itu. 

Bahkan masalah keamanan juga menjadi masalah yang cukup serius, baik itu di desktop maupun di perangkat mobile. Steve Jobs menegaskan bahwa Apple tak akan menggunakan Flash di perangkat mobile Apple, dan merekomendasikan untuk tidak menggunakan Flash di Mac.

Steve Jobs juga mengatakan bahwa Apple akan menggunakan format terbuka seperti HTML5 untuk menggantikan Flash. Hal ini sejalan dengan perkembangan dan inovasi Apple yang tidak perlu bergantung pada pihak ketiga seperti Adobe.

Sejak saat itu, citra Flash mulai dianggap jelek dan sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan. Tidak ada lagi perkembangan yang signifikan dari Flash. Tertanda 1 Januari 2021 yang lalu, Flash resmi tidak lagi mendapatkan dukungan dari Adobe.

via MacRumors

  OPPO Reno5 Review: 17+ Fitur Baru yang Perlu Kamu Tahu 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.