Microsoft Siapkan Chip PC Berbasis ARM, Ikuti Apple

Microsoft dikabarkan sedang mempersiapkan chip buatan mereka sendiri yang berbasis ARM untuk diimplementasikan di berbagai produk buatannya. 

Hal ini tentu saja menarik mengingat Microsoft tidak punya pengalaman sama sekali dalam merancang prosesor atau chip untuk komputer maupun perangkat mobile.

Chip yang digunakan di Surface Pro X, yakni Microsoft SQ 1 dan Microsoft SQ 2 juga sebenarnya hasil kolaborasi Microsoft dengan Qualcomm. Bukan benar-benar prosesor hasil rancangan sendiri seperti Apple dengan chip M1.

Kini Microsoft dikabarkan merancang chip sendiri. Hanya saja, fokus utama Microsoft saat ini adalah infrastruktur cloud buatannya, Microsoft Azure. Tak menutup kemungkinan chip berbasis ARM buatan sendiri ini juga akan diterapkan di produk Surface.

Saat ini infrastruktur cloud di Azure memang masih menggunakan prosesor Intel. Langkah Microsoft ini tentu saja mengingatkan kita pada Apple yang meninggalkan Intel dan membuat chip sendiri untuk Mac.

Langkah Microsoft ini juga sangat mirip dengan Amazon yang memilih untuk merancang chip buatan sendiri untuk infrastruktur cloud mereka, Amazon Web Service. Ya, Amazon punya proseosr berbasis ARM yang diberi nama Graviton2.

Jika usaha Microsoft ini berhasil maka ini adalah bukti nyata bahwa prosesor berbasis x86 mulai ditinggalkan, baik itu di kelas pasar konsumer maupun di ranah cloud computing. 

via The Verge

  Rela Ninggalin iPhone Demi Ini..?? Samsung Galaxy S21+ 5G RESMI Indonesia 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.