Metadata merupakan data yang berkaitan dengan informasi mengenai sebuah file. Setiap file pada iPhone tentunya mempunyai metadata, terlepas dari jenis/format file tersebut.

Misalnya foto pada iPhone yang memiliki metadata berupa kapan gambar tersebut diambil, perangkat yang digunakan untuk mengambil foto serta settingan yang digunakan untuk mengambil foto tersebut (ISO, Aperture, Shutter Speed, dll).

Tentunya informasi tersebut sangat berguna untuk mengidentifikasi sebuah foto. Tetapi dengan alasan seperti privasi, mungkin kamu terfikir untuk menghilangkan metadata terhadap sebuah foto.

Sayangnya iPhone tidak memiliki opsi dimana kamu bisa menghapus metadata ini. Untuk itu, kamu perlu menggunakan bantuan aplikasi pihak ke-3, disini saya menggunakan aplikasi Exif Metadata.

Menghapus Metadata Foto di iPhone

  1. Download aplikasi Exif Metadata di App Store.
  2. Buka aplikasi Exif Metadata dan izinkan aplikasi untuk mengakses Photos.
  3. Pilih salah satu gambar yang diinginkan.
  4. Akan tertampil informasi foto secara lengkap, mulai dari ukuran foto, lokasi pengambilan hingga setting-an kamera yang digunakan.
  5. Untuk menghapus semua metadata, swipe hingga paling bawah dan tap opsi Remove All Metadata.
  6. Setelah metadata berhasil dihapus, kamu akan diberikan pilihan untuk menyimpan file original atau tidak.

That’s it!

  Rela Ninggalin iPhone Demi Ini..?? Samsung Galaxy S21+ 5G RESMI Indonesia 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.