Rumor: Apple Siapkan Update Mac Mini dan MacBook Murah

Apple resmi merilis Mac pertama mereka dengan Apple M1. Chip ini sangat menarik mengingat ini adalah chip Apple silicon berbasis ARM pertama untuk komputer Mac.

Sebelum ini, Apple merilis setiap komputer Mac dengan prosesor Intel. Dengan beralih dari Intel ke chip Apple silicon buatan sendiri, Apple diharapkan bisa menghadirkan beragam fitur baru yang menarik.

Dilansir dari MacRumors, sudah muncul gambar Mac mini yang dibongkar. Terlihat jelas beragam komponen di dalamnya, termasuk Apple M1 itu sendiri.

Hasil dari proses teardown itu dibagikan di sebuah forum eGPU.io. Menurut teardown tersebut, Apple M1 memang punya ukuran fisik yang lebih kecil dan ditempatkan di logic board yang juga lebih kecil jika dibandingkan dengan Mac mini versi sebelumnya.

Seperti Inilah Penampakan Chip Apple M1 di Mac mini

Chip Apple M1 tersebut adalah sebuah chip perak dengan label APL1102. Di dalamnya terdapat 8-core CPU, 8-core GPU, 16-core Neural Engine, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Unified system memory di Apple M1 juga terlihat jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan modul RAM standar yang umumnya ada di setiap Mac dengan prosesor Intel di dalamnya.

Chip yang semakin terintegrasi di dalamnya serta ukurannya yang semakin kecil juga membuat performa Apple M1 menjadi lebih kencang dan lebih efisien dalam penggunaann energi.

via MacRumors

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.