Di iOS 14, Apple melakukan peningkatan terhadap privasi dengan membuat pengguna dapat menentukan apa saja yang dapat mengakses photos.

Sebelumnya pada iOS 13, ketika aplikasi pihak ke-3 meminta izin untuk mengakses Photos, opsi yang diberikan hanya deny atau allow. Di iOS 14 kamu diberikan opsi tambahan, yakni hanya mengisikan aplikasi untuk mengakses foto tertentu saja.

Perlu diingat hingga artikel ini ditulis, iOS 14 masih dalam status public beta. Jika kamu tertarik kamu bisa mendapatkannya dengan mengikuti instruksi pada artikel berikut. Satu hal yang perlu kamu ingat bahwa tidak menutup kemungkinan versi public beta ini akan membuat aplikasi tidak bekerja dengan semestinya, hingga sistem yang tidak stabil hingga menyebabkan restart atau crash secara random.

Cara Membatasi Aplikasi ketika Mengakses Photos

  1. Install aplikasi yang berhubungan dengan foto, misalnya Instagram. Lalu ketika baru membuka aplikasi tersebut, kamu akan dimintai izin untuk mengakses Photos, tap opsi Select Photos.
  2. Pilih gambar mana saja yang dapat diakses, kamu bisa melakukan pencarian atau membuka album. Jika sudah tap Done.

Dengan begitu, maka aplikasi tersebut hanya dapat mengakses foto tertentu saja. Kedepannya jika ingin mengubah kembali pengaturan izin ini, kamu bisa melakukannya melalui Settings.

  1. Buka Settings.
  2. Tap opsi Privacy > Photos.
  3. Tap salah satu aplikasi.
  4. Lalu pilih hak akses yang kamu inginkan.

That’s it!

  JANGAN ANGGAP REMEH HAPE INI..!!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.