Di iOS 14, Apple memberikan fitur dimana iPhone kini bisa mengidentifikasi suara yang ada. Ini merupakan fitur baru pada aksesibilitas yang dapat mengenali suara yang ada dan mengirimkannya pada notifikasi.

Perlu diingat hingga artikel ini ditulis, iOS 14 masih dalam status public beta. Jika kamu tertarik kamu bisa mendapatkannya dengan mengikuti instruksi pada artikel berikut. Satu hal yang perlu kamu ingat bahwa tidak menutup kemungkinan versi public beta ini akan membuat aplikasi tidak bekerja dengan semestinya, hingga sistem yang tidak stabil hingga menyebabkan restart atau crash secara random.

Cara Menggunakan Fitur Pengenal Suara

  1. Buka Settings.
  2. Scroll ke bawah dan tap opsi Accessibility.
  3. Scroll ke bawah dan tap opsi Sound Recognition.
  4. Swipe ke kanan (on) pada opsi Sound Recognition. Jika sudah tap pada opsi Sounds.
  5. Kamu bisa aktifkan suara tertentu sesuai keinginan. Mulai dari suara alarm, hewan, hingga orang (bayi menangis, teriakan, dll).
  6. Done.

Jadi ketika nantinya muncul suara tertentu (yang telah kamu pilih sebelumnya), maka akan muncul notifikasi.

Kegunaan dari fitur ini bisa diaplikasikan pada banyak hal. Pada kasus tertentu yang ekstrim bisa menyelamatkan nyawa seseorang yang mengalami masalah pada pendengaran.

Untuk pengguna biasa, kamu juga bisa memanfaatkan fitur ini. Misalnya saja pada saat mendengarkan musik, kamu akan mendapati notifikasi mengenai alarm yang mati, seseorang berteriak, bayi menangis, dll.

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.