Apple Tunda Update Ribuan Aplikasi di App Store Karena Lisensi

App Store adalah satu-satunya tempat untuk bisa mendapatkan aplikasi dan games untuk iPhone, iPad, dan iPod Touch. Selain dari App Store, para pengguna perangkat iOS dan iPadOS tak punya pilihan lain.

Akhir-akhir ini Apple ketahuan menghapus ribuan aplikasi dan games dari App Store regional China. Tak tanggung-tanggung, lebih dari 2500 games kabarnya resmi dihapus.

China memang dikenal sebagai negara yang memiliki peraturan ketat soal lisensi game. State Administration of Press and Publication (SAPP) China membuat aturan baru pada tahun 2019 yang lalu.

Salah satu isi peraturan baru tersebut adalah menolak lisensi untuk jenis game poker dan mahjong. China juga menerapkan peraturan yang mengharuskan game dengan microtracsactions memiliki Internartional Standard Book Number (ISBN).

Semua game yang melanggar peraturan tidak akan tersedia di App Store China. Bahkan game terkenal seperti Hay Day juga dihapus karena belum punya ISBN yang baru.

via Venture Beat

  21+ Fitur Tersembunyi iOS 14: Wajib Coba!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.