Pandemi COVID-19 sangat berdampak ekonomi dunia, termasuk pasar smartphone. Pabrikan sekelas Apple yang hampir selalu meningkatkan penjualannya setiap tahun pun harus tunduk pada COVID-19. Data dari Gartner menunjukkan bahwa Penjualan iPhone turun 8% sejak kuartal pertama 2020.

Tahun ini Apple diperkirakan menjual kurang lebih 40,92 juta smartphone pada kuartal pertama, turun 3,7 juta dari penjualan kuartal pertama 2019 yang mencapai 44,57 juta unit.

Namun jika dibandingkan dengan pabrikan lain, penurunan Apple bisa dibilang tidak terlalu parah. Samsung, Huawei, Oppo, dan sebagian besar pabrikan lain rata-rata mengalami penurunan 20% lebih. Satu-satunya yang mampu meraup nilai positif di kuartal pertama ini adalah Xiaomi, yang naik 1,4%.

Pada awal Februari lalu Apple terpaksa harus menutup semua tokonya di China, yang kemudian diikuti sebagian besar tokonya di seluruh dunia seiiring penyebaran COVID-19. Sekarang sebagian dari negara-negara tersebut sudah mulai bisa mengendalikan penyebaran COVID-19, dan Apple mulai membuka tokonya kebali. Semoga pandemi ini segera berlalu dan dunia kembali normal seperti sedia kala.

via MacRumors

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.