Apple Hentikan Pengembangan Fitur 3D Touch

3D Touch adalah fitur unggulan di iPhone 6S dan iPhone SE generasi pertama. Fitur ini terus dibawa ke iPhone hingga pada akhirnya iPhone XR mengimplementasikan Haptic Touch.

Haptic Touch memberikan pengalaman yang mirip dengan 3D Touch, namun tak semua fitur 3D Touch ada di Haptic Touch karena 3D Touch membutuhkan hardware khusus agar bisa bekerja.

Haptic Touch menggunakan sensor Taptic Engine yang memberikan respon tactic pada saat layar disentuh. Fitur ini tidak mengandalkan sensitivitas tekanan layar, melainkan durasi deteksi sentuhan yang ditahan.

Nah salah satu hal yang unik adalah Apple tak lagi menyematkan 3D Touch di semua lini iPhone 11 dan menggantinya dengan Haptic Touch. Apakah Apple resmi mematikan pengembangan 3D Touch?

Dilansir dari Cult of Mac, Apple akhirnya tak lagi memberikan 3D Touch lagi di iPhone terbaru. Ini membuat Apple tak lagi menggunakan 3D Touch di iPhone dan lebih memilih Haptic Touch.

Memang tak ada alasan yang jelas mengapa Apple tak lagi merilis iPhone dengan 3D Touch. Bisa jadi karena 3D Touch membutuhkan hardware khusus sehingga bisa membuat harga lebih mahal.

Ditambah lagi, tak banyak pengguna yang benar-benar peduli dengan 3D Touch. Alternatif seperti Haptic Touch dinilai lebih bermanfaat dalam jangka waktu yang panjang.

via Cult of Mac

  JANGAN ANGGAP REMEH HAPE INI..!!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.