Xcode 11.2 Bikin Crash Aplikasi di iOS Versi Lawas

Update Xcode adalah salah satu hal yang paling dinantikan oleh para pengembang aplikasi di platform Apple. Mulai dari pengembang aplikasi iOS, iPadOS, macOS, tvOS, dan watchOS. Hanya saja, Xcode 11.2 ini dikabarkan membawa masalah baru yang menjengkelkan.

Masalah tersebut adalah aplikasi iOS akan crash ketika dideploy ke iOS lawas sebelum iOS 13.2. Dengan demikian, jika kamu melakukan deploy aplikasi iOS ke iPhone yang masih menggunakan iOS 13.1 dan yang lebih lawas lagi maka akan menyebabkan aplikasi crash.

Sudah banyak para pengembang yang mengeluhkan masalah ini. Usut punya usut, ternyata masalah ada pada UITextView di Storyboard. Menyadari hal itu, Apple langsung memperbarui dokumen catatan rilis Xcode 11.2.

Xcode 11.2 Bikin Crash Aplikasi di iOS Versi Lawas

Jika kamu mengalami masalah ini, ada beberapa solusi yang bisa kamu coba. Solusi paling praktis untuk masalah ini adalah melakukan downgrade dari Xcode 11.2 ke Xcode 11.1. Semua masalah ini akan hilang seketika.

Jika kamu tak bisa melakukan downgrade, maka cara lain adalah melakukan update iPhone yang kamu gunakan untuk deploy aplikasi iOS ke iOS paling baru. Cek di Settings -> General -> Software Update. Pastikan iPhone kamu sudah minimal ada di versi iOS 13.2.

Solusi lain, kamu bisa ubah aplikasi kamu yang mengandung UITextView di Storyboard dengan membuat UITextView dengan menggunakan kode. Error ini hanya muncul pada UITextView yang dibuat di Storyboard.

Bagaimana? Ada solusi lain?

via Apple Developer

  Duel Klasik VIVO vs OPPO..!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.