Home Mac Cara Menggunakan Pengoptimalan Storage macOS Sierra

Cara Menggunakan Pengoptimalan Storage macOS Sierra

Cara Menggunakan Pengoptimalan Storage macOS Sierra

Penggunaan harddisk sebagai media penyimpanan memang sudah menjadi kebutuhan. Apalagi saat SSD muncul, prioritas dari kapasitas mulai berangsur-angsur beralih ke kecepatan. SSD memang menawarkan kecepatan yang jauh lebih cepat. Namun SSD masih menjadi pilihan yang mahal jika kamu menginginkan kapasitas yang sama dengan harddisk. SSD masih bisa dibilang belum cukup terjangkau.

Apalagi jika kamu menggunakan MacBook yang hanya memiliki kapasitas 128GB. Wah ini sih gak bakalan cukup. Kecuali kamu memang orang yang benar-benar suka menyimpan beragam file seperti film dan musik, kapasitas kamu pasti akan terkuras. Bagaimana caranya untuk menyiasatinya?

Jika kamu menggunakan macOS Sierra, ada satu fitur yang mungkin hanya bisa benar-benar dirasakan oleh pengguna MacBook 128GB, atau Mac lain yang lebih rendah kapasitasnya (kalau ada). Karena fitur ini memanfaatkan iCloud untuk mengoptimalkan penyimpanannya.

Untuk melakukan pengoptimalan penyimpanan, kamu bisa lakukan beberapa langkah mudah berikut ini :

  1. Pastikan kamu sudah menggunakan macOS Sierra. Versi sekarang masih Beta. Jika kamu tidak termasuk dalam program Beta, tunggu saja sekitar bulan September perilisannya.
  2. Buka menu Apple – > About My Mac.
    Cara Menggunakan Pengoptimalan Storage macOS Sierra
  3. Pilih tab Storage lalu klik Detail.
    Cara Menggunakan Pengoptimalan Storage macOS Sierra
  4. Pilih Optimize Storage untuk melakukan pengoptimalisasian storage.
    Cara Menggunakan Pengoptimalan Storage macOS Sierra

Fitur ini akan otomatis menyimpan semua file media seperti Film, TV Show, dan lain-lain ke iCloud sehingga kamu bisa mendapatkan ikonnya di Mac sedangkan file yang asli tersimpan di iCloud yang bisa kamu akses sewaktu-waktu.

Untuk review dan informasi lebih lengkap, akan dibahas saat macOS Sierra sudah dirilis untuk pengguna publik.

  Video: Unboxing iPhone 7 Black  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong