Donald Trump Tolak Permintaan Keringanan Tarif Produksi Mac Pro di Tiongkok

Apple berencana untuk memindahkan proses perakita Mac Pro dari Amerika Serikat ke Tiongkok. Karena dirakit di Tiongkok, maka produk Mac Pro bakal kena tambahan tarif yang membuat harga jualnya lebih mahal.

Apple sudah meminta kepada presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk memberikan keringatan tarif produksi Mac Pro di Tiongkok sejak 18 Juli 2019 yang lalu.

Presiden Donald Trump sendiri sebenarnya sudah melarang perusahaan-perusaahan asal Amerika Serikat untuk melakukan proses produksi di Tiongkok dan menyarankan untuk memindahkan produksinya ke Amerika Serikat.

Apple memang sudah memiliki pusat penelitian di Tiongkok. Jika Mac Pro diproduksi di Tiongkok, maka hal ini tentu saja membuat penelitian, pengembangan, dan produksi produk Apple bisa dilakukan di satu negara saja. 

Proses produksi dan perakitan Mac Pro di Tiongkok juga biayanya lebih rendah ketimbang harus melakukannya di Amerika Serikat. Hal ini dipengaruhi oleh upah buruh Amerika Serikat yang lebih tinggi.

Donald Trump menjanjikan produksi di Amerika Serikat akan jauh lebih nyaman karena tidak ada tarif tambahan. Sementara itu Apple mulai mencari lokasi alternatif perakitan beragam produknya di luar Tiongkok, seperti kawasan Asia Tenggara.

via The Verge

  Technow #44: Redmi Note 9 Pro 5G! Biaya Produksi iPhone 12, Nokia 9.3 PureView 5G Mundur..!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.