Home Mac Alasan Fotografer Lebih Suka Menggunakan Mac

Alasan Fotografer Lebih Suka Menggunakan Mac

Alasan Fotografer Lebih Suka Menggunakan Mac

Fotografer merupakan salah satu profesi yang cukup banyak mengandalkan kemampuan komputer untuk olah digital. Kemampuan inilah yang menjadikan pertimbangan para fotografer memilih OS X sebagai platform andalan mereka. Bukan cuma kemampuan OS X nya saja, tapi juga kualitas Mac itu sendiri. Apa saja sih yang sebenarnya fotografer sukai dari Mac?

Tulisan kami ini tidaklah mutlak benar. Ini hanya opini. Berhubung saya juga suka bekerja dengan olah foto di perangkat PC dan Mac, saya juga punya pendapat bahwa Mac memang lebih enak buat edit-edit foto. Oke langsung saja ini dia…

Layar Retina Display

Beberapa perangkat Mac seperti MacBook, MacBook Pro Retina, dan iMac terbaru sudah menyediakan layar yang diklaim berkualitas “Retina”. Layar ini diklaim menghadirkan resolusi maksimal yang bisa ditangkap oleh mata yang dipadukan dengan bahan layar berkualitas tinggi. Bisa dipastikan gambar yang tampil kualitasnya sangat halus.

Alasan Fotografer Lebih Suka Menggunakan Mac

Meskipun banyak produsen yang membuat layar beresolusi lebih tinggi dari Retina, namun hanya Retina yang diklaim kebanyakan fotografer lebih bagus dalam hal ketepatan warna, kejernihan, ketajaman, dan lain-lain.

OS X Mendukung Lebih Banyak Format

Saya sudah mencoba mengambil beberapa gambar menggunakan kamera digital, Lumia 930, dan lain-lain. Beberapa kamera menghasilkan format RAW dan Tiff, Lumia 930 menghasilkan format DNG dan iPhone 5s menghasilkan gambar JPG.

Alasan Fotografer Lebih Suka Menggunakan Mac

Saat saya buka di OS X, OS X bisa membuka TIFF, DNG, JPG, dan beberapa RAW tanpa aplikasi atau plugin tambahan. Saat saya menggunakan OS lain, beberapa harus saya install pluginnya, termasuk plugin DNG dari Adobe. Kemudahan ini yang sangat disukai fotografer.

Aplikasi Editing Lebih Baik

Alasan Fotografer Lebih Suka Menggunakan Mac

Masih ingat dengan Aperture dari Apple? Aplikasi editing foto terbaik tersebut dulu sangat disukai para fotografer. Entah mengapa Apple tidak lagi mendukung aplikasi ini, nanum kabarnya Lightroom dan Photoshop di OS X bekerja lebih baik dari versi OS lain. Masih kurang? Tenang, kamu bisa menggunakan Pixelmator, Fotor, dan beragam aplikasi lain dari App Store.

Cepat dan Stabil

Kinerja OS X yang cenderung cepat dan stabil inilah yang membuat kebanyakan fotografer lebih memilih OS X ketimbang OS lainnya. Bahkan ketika kamu membeli MacBook, kamu bisa langsung menggunakannya saat pertama kali keluar dari kotaknya. Segala perangkat eksternal juga umumnya bisa langsung berjalan tanpa adanya instalasi driver yang aneh. Contoh sederhana saja, colok flashdisk dan printer langsung jalan. Gak ada instalasi driver apapun. Mudah kan?

  Video: Unboxing iPhone 7 Black  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong