Home iPhone Apakah Kualitas Kamera iPhone 5s Masih Layak?

Apakah Kualitas Kamera iPhone 5s Masih Layak?

Kualitas Kamera iPhone 5s Masih Layak?

Kamera adalah salah satu komponen yang harus ada di dalam sebuah smartphone modern masa kini. Bahkan keberadaannya bisa membawa perubahan, perubahan dalam diri calon pengguna yang ingin menggunakan smartphone. Jangan pernah anggap remeh sektor kamera di smartphone saat ini, karena banyak sekali smartphone murah yang menawarkan fitur unggulan dan terbaru. Bagaimana dengan iPhone?

Well, iPhone memang pernah menjadi raja dalam hal fotografi smartphone. Namun sekarang ini iPhone seperti sudah kehilangan tajinya. Untungnya iPhone 6s mampu memperkecil ketertinggalan teknologi kamera iPhone dengan peningkatan di kualitas sensor, peningkatan resolusi foto, hingga dukungan video 4K berkualitas tinggi.

iPhone termurah yang masih diproduksi sekarang adalah iPhone 5s. iPhone keluaran 2013 ini bisa dibilang membawa cukup banyak peningkatan di sektor kamera jika dibandingkan dengan iPhone 5. Nah, dengan harga yang “lebih terjangkau” dari iPhone generasi terbaru, mampukah iPhone 5s dijadikan pilihan? Mengingat banyak sekali produsen lain yang menawarkan harga kompetitif namun dengan teknologi yang jauh lebih mumpuni.

Sensor Lebih Besar

Kamera iPhone 5s mengalami peningkatan kualitas sensor. Sensor di iPhone 5s  mengalami peningkatan sekitar 15% dibandingkan dengan iPhone 5. Imbasnya, ukuran piksel juga meningkat dari 1.4 mikron menjadi 1.5 mikron. Bukaan lensanya juga mengalami peningkatan dari f2.4 menjadi f2.2.

Kualitas Kamera iPhone 5s Masih Layak?

Jadi secara teori, iPhone 5s mampu menghasilkan gambar dengan lebih banyak informasi di tiap pikselnya sehingga mampu menghasilkan gambar yang lebih natural dan lebih sedikit noise.

True Tone Flash

Ini juga salah satu inovasi Apple. Daripada memberikan lampu flash yang kuat, akan lebih baik memberikan lampu flash yang tepat. True Tone Flash diklaim mampu membuat gambar menjadi lebih natural saat menggunakan bantuan cahaya flash. Hal ini karena flash bisa menghasilkan tingkat yang tepat untuk menghasilkan warna yang natural.

Kualitas Kamera iPhone 5s Masih Layak?

Pertama, kamera akan memeriksa kondisi pencahayaan sekitar objek. Lalu kamera akan melakukan perhitungan untuk menentukan seberapa kuat lampu flash akan dikerahkan. Lampu flash juga tidak berwarna putih, namun berwarna amber dan mampu menghasilkan cahaya yang diklaim lebih natural mendekati cahaya mentari alami.

Panorama

Fitur panorama di iPhone 5s bisa dibilang sangat memuaskan. Kamu akan mendapatkan gambar yang sangat natural ketika mengambil gambar dengan mode panorama. Meskipun sudah ada di iPhone 5, namun mode pengambilan foto ini ditingkatkan lebih jauh melalui fitur koreksi exposure secara otomatis untuk tiap frame yang digabungkan dalam panorama.

Kualitas Kamera iPhone 5s Masih Layak?

Prosesor A7

Selain memberikan prosesor yang sangat cepat plus 64-bit pertama di dunia smartphone, Apple menyematkan Image Signal Processor (ISP) yang terintegrasi dengan prosesor A7. ISP secara khusus mengolah semua tugas yang berkaitan dengan pemrosesan gambar pada iPhone 5S, termasuk color correction, pengaturan white balance, konversi format, dan masih banyak lagi.

Kualitas Kamera iPhone 5s Masih Layak?

Kecepatan prosesor A7 yang lebih tinggi juga memungkinkan iPhone 5S mengambil beberapa gambar sekaligus dalam sekali jepretan dan memilih yang paling bagus atau tajam. Hal ini bisa dilakukan baik dalam mode single shot maupun “burst mode” dengan kecepatan 10 FPS.

Penstabil Gambar

Fitur penstabil gambar ini cukup unik karena tanpa bantuan hardware stabiliser apapun. Kamera akan mengambil beberapa gambar dan dengan algoritma tertentu mampu memilah-milah bagian-bagian gambar yang tajam dan menggabungkannya menjadi gambar yang lebih “stabil”.

Kualitas Kamera iPhone 5s Masih Layak?

Slow Motion

Fitur ini akan merekam video 720p 120 fps dan akan diputar 30 fps untuk menghasilkan efek slow motion. Yang unik di sini adalah pengguna bisa memilih bagian mana yang akan ditampilkan gerak lambat dan selebihnya ditampilkan normal.

Nah bagaimana? Menurutmu apakah kamera iPhone 5s masih cukup layak saat ini?

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong