Beberapa Aplikasi App Store Diam-Diam Rekam Tampilan Layar Pengguna

Sebagai salah satu perusahaan yang terkenal serius menjaga privasi pengguna, Apple selalu menekankan tentang pentingnya menghormati privasi pengguna. Seluruh aplikasi yang hendak nongol di App Store harus melewati proses pengujian yang cukup ketat.

Meskipun begitu, kabarnya sejumlah aplikasi popular di App Store bisa menggunakan layanan analitik yang memungkinkan aplikasi untuk merekam beragam aktivitas pengguna di dalam aplikasinya seperti merekam bagian yang ditekan, swipe, dan lain-lain. Perekaman tersebut menggunakan screen recording tanpa diketahui oleh pengguna.

Layanan analitik yang digunakan bernama Glassbox dengan teknologi yang memungkinkan untuk merekam aktivitas pengguna yang disebut Session Replay. Session Replay memungkinkan pengembang untuk merekam aktivitas pengguna di dalam aplikasinya, mengunduh, dan juga memutar ulang rekaman.

Tak semua aplikasi yang memanfaatkan Glassbox akan menggunakan fitur screen recording ini. Para pengembang yang menggunakan fitur screen recording juga diharapkan bisa tetap merahasiakan privasi pengguna dengan tidak mencuri data pengguna tanpa sepengetahuan pengguna.

Beberapa aplikasi yang menggunakan layanan Glassbox ini adalah Abercrombie & Fitch, Hotels.com, Air Canada, Hollister, Expedia, dan Singapore Airlines. Meskipun begitu, beberapa developer dari aplikasi tersebut berdalih bahwa hal tersebut adalah untuk kepentingan riset atau pengembangan aplikasi mereka.

Aplikasi tertentu seperti Air Canada bahkan kabarnya bisa melihat data privasi pengguna dalam rekaman aktivitas layar seperti nomor passport pengguna, nama lengkap atau informasi kartu kredit. Tentu saja semua orang yang punya akses bisa melihat data pengguna tersebut.

Bagaimaan menurutmu mengenai hal ini?

via TechCrunch

  Apa yang Baru di iOS 12.2..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.