Facebook Bayar Orang $20/Bulan Agar Install VPN yang Menyedot Data Pengguna iPhone

Facebook memang sudha terkenal sebagai perusahaan yang “tak menghargai privasi pengguna”. Bagaimana tidak, beberapa waktu yang lalu Facebook ketahuan menjual data penggunanya ke pihak lain.

Apple yang tahu kelakuan Facebook ini langsung melepas integrasi Facebook dari berbagai platform miliknya. Buat kamu pengguna iOS atau macOS, kamu pasti tahu ada integrasi Facebook di dalam Settings kan? Di update iOS terbaru, semua integrasi ini dihilangkan karena khawatir Facebook bisa membaca data pengguna iPhone.

Di bulan Agustus 2018 yang lalu, Apple memaksa Facebook untuk menghapus aplikasi Ovano VPN yang ada di App Store karena aplikasi ini terbukti bisa merekam aktivitas pengguna iOS. Tentu hal ini melanggar kebijakan App Store.

Facebook tak kehabisan akal. Mereka mengakalinya dengan membayar orang untuk menginstal “Facebook Research” yang mana sangat mirip dengan Ovano VPN App, yang bisa membaca data pengguna iPhone.

Metode yang dilakukan Facebook sebenarnya sederhana. Facebook menawarkan $20 per bulan dengan syarat melakukan sideload Facebook Research. Proses sideload tersebut juga gampang, cukup berikan enterprise certificate ke pengguna iPhone tersebut.

Hanya saja, untuk menghindari Apple, Facebook menggunakan beta testing service dari pihak ketiga, seperti Applause, BetaBound, dan juga uTest untuk merekrut partisipan baru.

Bagaimana menurutmu mengenai langkah Facebook ini?

via MacRumors

  Penggemar Gadget Wajib Tau!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.