Home Tutorial Pilih Menjalankan Windows di Boot Camp Atau Mesin Virtual? Pilih Saja Semuanya

Pilih Menjalankan Windows di Boot Camp Atau Mesin Virtual? Pilih Saja Semuanya

Pilih Menjalankan Windows di Boot Camp Atau Mesin Virtual? Pilih Saja Semuanya

Memiliki perangkat Mac tentu saja harus bersiap dengan kenyataan pahit bahwa komputer Mac yang kamu beli tidak ada Windows di dalamnya melainkan sistem operasi OS X buatan Apple. Mau menjalankan Windows di komputer Mac? Tentu saja bisa. Untuk menjalankan Windows di komputer Mac kamu punya pilihan untuk menjalankannya secara real machine alias Boot Camp atau dual boot, atau dengan virtual machine alias mesin virtual seperti Fusion, Parallels, atau VirtualBox.

Banyak pengguna Mac yang bingung memilih mana yang akan dia gunakan. Mau pilih Boot Camp? Dia ingin bisa menjalankan Windows dan OS X bersamaan. Mau pilih mesin virtual? Dia ingin kinerja terbaik dari Windows. Duh kok bingung sih? Gausah bingung. Daripada bingung memilih satu dari dua pilihan, mengapa tidak semuanya saja?

Tenang, kamu bisa memiliki satu Windows yang bisa dijalankan di Boot Camp maupun mesin virtual. Meskipun berjalan di Boot Camp maupun di mesin virtual, Windows yang akan dijalankan adalah Windows yang sama. Artinya, Windows berisi data yang sama, pengaturan yang sama, program terpasang yang sama, dan lain-lain. Pokoknya sama persis. Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan bantuan mesin virtual dengan fitur khusus. Kali ini saya menggunakan VMWare Fusion 8. Berikut adalah cara-caranya :

  1. Pastikan kamu sudah menginstall Windows dengan Boot Camp alias Dual Boot. (Baca – Menginstall Windows di Mac secara Boot Camp / Dual Boot)
  2. Kamu membutuhkan aplikasi VMWare Fusion 8. Kamu bisa mendapatkannya di sini -> Download VMWare Fusion.
  3. Masuk ke VMWare Fusion lalu buat mesin virtual baru. Pilih Install from Boot Camp.
    Pilih Menjalankan Windows di Boot Camp Atau Mesin Virtual? Pilih Saja Semuanya
  4. Pilih Create a Boot Camp Virtual Machine. Proses ini akan menjalankan Windows secara langsung dari boot Camp. Windows yang dijalankan otomatis adalah Windows yang sama dengan seluruh data yang sama pula. Semua perubahan di mesin virtual akan berlaku juga untuk Windows yang ada di Boot Camp.
    Pilih Menjalankan Windows di Boot Camp Atau Mesin Virtual? Pilih Saja Semuanya
  5. Tunggu prosesnya beberapa menit.
  6. Jika sudah selesai, Windows bisa langsung dijalankan. Saat pertama dijalankan, kamu tidak perlu melakukan pengaturan apapun. Windows akan langsung berjalan seperti saat kamu menjalankan Boot Camp. Hanya saja, kamu diharuskan untuk menginstall VMWare Tool saat pertama kali dijalankan. Pemasangan akan berjalan otomatis dan tunggu saja sampai selesai.
  7. Jika Windows berjalan lambat, kamu bisa coba otak-atik pengaturan sistem yang ada di VMWare Fusion. Tentu saja Windows harus kamu matikan terlebih dahulu.
    Pilih Menjalankan Windows di Boot Camp Atau Mesin Virtual? Pilih Saja Semuanya

Bagaimana? Gampang kan? Kelebihannya adalah kamu cukup menginstall Boot Camp satu kali dan bisa dijalankan secara Boot Camp maupun mesin virtual.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong