Home Review Review Apple USB Superdrive

Review Apple USB Superdrive

whReview Apple USB Superdrive

Cepat atau lambat, kebutuhan akan perangkat CD maupun DVD akan semakin berkurang. Dulu, CD hadir sebagai solusi penyimpanan dalam bentuk cakram berputar yang dapat dibaca, dan ada juga yang bisa dibaca dan ditulis. Menyimpan tugas sekolah, memutar musik, memutar film, memasang perangkat lunak, dan lain-lain sangat populer dengan menggunakan CD.

Kehadiran DVD menutupi berbagai kekurangan CD, terutama untuk urusan masalah penyimpanan. DVD lebih banyak digunakan untuk menyimpan film berkualitas tinggi dan berbagai perangkat lunak atau game berukuran besar. Semua itu sangat umum dilakukan saat masih di era kejayaannya.

Sekarang? Semua bisa dilakukan dengan teknologi internet berkecepatan tinggi. Mengunduh film, memutar musik, atau mengunduh perangkat lunak bisa langsung dengan internet. Mengunduh dengan internet tentu saja jauh lebih nyaman dan efisien daripada dengan menggunakan perangkat fisik seperti CD maupun DVD.

Terbukti, Apple lagi-lagi sudah melihat tren ini. Saat mengumumkan MacBook Air pertama kali, MacBook Air menjadi perangkat laptop berkualitas tinggi pertama yang sengaja hadir tanpa dukungan CD maupun DVD. Apple melihat bahwa segala sesuatu bisa dilakukan dengan internet. Lalu, MacBook Pro juga hadir dengan layar retina minus fitur CD/DVD.

Namun apakah Apple benar-benar menghilangkan dukungan CD/DVD tersebut? Tidak. Apple membuat perangkat eksternal MacBook Air Superdrive yang bisa digunakan pengguna MacBook Air sebagai pembaca CD/DVD. Lalu merilis perangkat baru yang bernama USB Superdrive yang bisa digunakan oleh pengguna MacBook Pro retina display.

Kali ini, saya berhasil mengakuisisi salah satu perangkat USB Superdrive dari salah satu online shop dan sudah mencobanya pada MacBook Pro Retina Display. Mau tahu seperti apa? Saat kamu membeli USB Superdrive, kamu akan mendapatkan kotak yang berisi panduan, catatan garansi, dan juga tentu saja Apple USB Superdrive itu sendiri.

Review Apple USB Superdrive

USB Superdrive ini memiliki desain yang sangat bagus. Terbuat dari bahan khas Apple. Tampil sangat simple tanpa ada tulisan apapun. Hanya ada logo Apple di bawah USB Superdrive. Masukan DVD nya hanya berupa masukan tips tanpa penutup. Kamu bisa menggunakan USB Superdrive dengan menyambungkannya ke port USB yang ada di MacBook milikmu.

Review Apple USB Superdrive

Saat sudah tersambung, kamu tidak akan melihat perubahan apapun. Tentu saja. Kamu harus memasukkan CD/DVD ke dalam USB Superdrive tersebut. Pastikan cover CD/DVD menghadap ke atas dan bagian yang dapat dibaca menghadap ke bawah lalu masukkan saja ke USB Superdrive. CD/DVD akan terbaca seketika dan akan terlihat di desktop dan finder. Kamu sudah bisa menggunakannya seperti biasa.

Untuk mengeluarkannya, jangan pernah langsung mencabut USB Superdrive saat masih ada CD/DVD di dalamnya. Kamu bisa mengejeknya melalui finder atau desktop. Klik kanan/klik dua jari di trackpad lalu pilih “Keluarkan”. CD/DVD akan keluar dengan sendirinya. Setelah keluar, kamu bisa mencabut kabel USB Superdrive dan melepaskan sambungan ke MacBook.

Bagaimana? Sangat mudah kan?

 

  Video: Unboxing iPhone 7 Black  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong