Perbedaan iPhone XS dan iPhone XR

iPhone XS dan iPhone XR adalah model iPhone terbaru yang dirilis oleh Apple pada tahun 2018 ini. Ya, sebagai model terbaru, tentu saja membuat bingung para calon pembeli yang ingin membeli antara iPhone XS maupun iPhone XR.

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, kini Apple merilis iPhone lebih dari satu model di tahun yang sama. Tentu saja hal ini semakin membuat banyak orang penasaran apa saja perbedaan dari iPhone XS dengan iPhone XR. Mau tahu seperti apa iPhone XS vs iPhone XR ini?

Berikut ini adalah 10 perbedaan antara iPhone XS dan iPhone XR yang harus kamu tahu sebelum beli.

 

Dimensi iPhone

Dimensi iPhone XS mengusung dua versi, yaitu versi standar dan versi Max. iPhone XS mengusung ukuran dimensi yang sangat mirip dengan iPhone X yang dirilis tahun lalu. Sementara itu, iPhone XS Max mengusung dimensi paling besar di semua iPhone terbaru yang pernah dirilis Apple.

iPhone XR sendiri berada di antara iPhone XS dan iPhone XS Max. Jika kamu merasa iPhone XS terlalu kecil, kamu bisa memilih iPhone XR yang harganya paling murah atau iPhone XS Max yang harganya paling mahal.

 

Lebar Layar

Ukuran layar iPhone XS juga sama seperti iPhone X yang dirilis tahun lalu, yaitu 5.8 inch. Ukuran layar iPhone XS Max sendiri adalah 6.5 inch, yang membuat iPhone XS Max menjadi iPhone dengan ukuran layar paling besar yang pernah ada.

Perbedaan iPhone XS dan iPhone XR

Sementara iPhone XR memiliki ukuran layar 6.1 inch. Ukuran ini diklaim adalah ukuran yang pas untuk pengguna yang merasa iPhone X dan iPhone XS terasa memiliki ukuran layar yang kurang besar.

 

Jenis Layar

iPhone XS dan iPhone XS Max mengusung layar OLED dan teknologi Super Retina HD Display, lebih canggih dari layar iPhone X yang dirilis pada tahun 2017 yang lalu. Hal ini membuat iPhone XS dan XS Max sebagai iPhone dengan layar terbaik.

iPhone XR menggunakan layar LCD dengan teknologi Liquid Retina HD Display. Meskipun memiliki layar jenis LCD, namun Apple klaim layar tersebut tetap memiliki kualitas yang bagus seperti layar LCD pada iPhone sebelumnya.

 

Kamera

iPhone XS dan iPhone XS Max mengusung dua lensa kamera sama seperti iPhone X. Dengan demikian, kamu akan mendapati pengalaman kamera yang jauh lebih baik ketimbang iPhone dengan satu lensa kamera saja.

iPhone XR hanya memiliki satu lensa kamera saja. Namun kamera iPhone XR ini punya beberapa fitur yang ada di iPhone dengan dua lensa kamera, seperti foto dengan efek bokeh atau latar belakang yang blur.

 

Ketahanan Air

iPhone XS dan iPhone XS Max mengusung sertifikat IP68 dengan fitur kemampuan tahan di dalam air dalam kedalaman 2 meter dengan waktu 30 menit. Tentu saja ini lebih baik dari iPhone generasi sebelumnya.

Sementara itu iPhone XR dibekali dengan sertifikat yang sama dengan yang dimiliki iPhone 8, yaitu IPX67, yang membuat iPhone XR bisa tahan di dalam air dalam kedalaman 1 meter hingga 30 menit.

 

Kapasitas Baterai

Kapasitas baterai iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR juga bervariasi. iPhone XR memiliki kapasitas baterai 2.942 mAh dan iPhone XS memiliki kapasitas baterai hingga 2.658 mAh.

Namun Apple memberikan informasi rinci mengenai kemampuan baterai di iPhone XR, iPhone XS, dan juga iPhone XS Max. Kamu bisa lihat pada gambar di atas, dan silakan kamu nilai sendiri.

 

Kapasitas Penyimpanan

Namun iPhone XR menggunakan pilihan 64GB, 128GB, dan 256GB. Sedangkan iPhone XS dan juga iPhone XS Max menggunakan pilihan 64GB, 256GB dan 512GB.

Untuk yang satu ini, kamu sendiri saja yang menilai karena tiap orang kebutuhan storagenya berbeda-beda. Hehehehe 😀

 

Koneksi LTE

iPhone XS dan iPhone XS Max mendukung teknologi Gigabit-class LTE yang memberikan kecepatan 2x lipat lebih cepat jika dibandingkan dengan iPhone sebelumnya. Teknologi tidak ada di iPhone XR, dan hanya menggunakan LTE Advanced seperti di iPhone 8 saja.

 

Pilihan Warna

iPhone XS dan iPhone XS Max mengusung warna yang sama seperti iPhone X, dengan tambahan warna Gold. Sementara itu iPhone XR mengusung warna Yellow, White, Coral, Black, Blue, dan merah hasil kerjasama Apple dengan (PRODUCT)RED.

Perbedaan iPhone XS dan iPhone XR

Harga

Ini adalah pertimbangan utama, sengaja saya letakkan di paling akhir hehe. iPhone XS dibanderol dengan harga mulai dari $999 dan iPhone XS Max mulai dari $1099. Makin tinggi storagenya, makin mahal.

iPhone XR sendiri dijual mulai dari $749. Meskipun demikian, harga tersebut adalah harga di Amerika Serikat. Harga resmi di Indonesia sendiri masih belum jelas karena memang belum resmi dirilis.

Setelah membaca info iPhone XS vs iPhone XR di atas, kamu pilih antara iPhone XS atau iPhone XR?

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.