Perbaiki MacBook Pro 2018 dan iMac Pro Sekarang Masih Bisa Dilakukan Pihak Ketiga

Beberapa waktu yang lalu Apple diketahui membuat Mac dengan Apple T2 Chip, yaitu MacBook Pro 2018 dan iMac Pro tidak akan lagi bisa diperbaiki oleh pihak ketiga. Satu-satunya cara untuk memperbaiki Mac yang rusak adalah dengan membawanya ke tempat service resmi Apple.

Dilansir dari MacRumors, menurut iFixit hal tersebut memang benar. Namun sekarang ini kebijakan tersebut belum terjadi, dan kamu pengguna iMac Pro dan MacBook Pro 2018 masih bisa memperbaiki komputer Mac milikmu di tempat lain selain yang resmi dari Apple.

Dalam software khusus yang dibangun oleh Apple nantinya akan bisa mengecek suku cadang atau hardware apa saja yang terpasang pada MacBook Pro 2018 atau iMac Pro yang diperbaiki.

Jika software khusus tersebut mendeteksi adanya suku cadang yang tidak dikenali oleh Apple, maka komputer yang diperbaiki tersebut akan gagal lolos pengujian Apple Diagnostics, dan tidak bisa digunakan secara normal.

Menurut saya, kebijakan semacam ini sebenarnya bagus, namun dengan asumsi Apple Store sudah tersedia di semua negara di mana Apple menjual iMac Pro dan MacBook Pro 2018 secara resmi.

Apple memang bekerja sama dengan beberapa pihak dan resmi menjadi Apple Authorized Service Provider, namun pelayanannya tetap tidak sebagus Apple Store, dan sebagian lagi malah tidak bagus sama sekali pelayanan purna jualnya.

Bagaimana menurutmu mengenai hal ini?

via MacRumors

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.