Apple Akusisi Akonia Holographics, Perusahaan Lensa AR

Teknologi Virtual Reality memang menjadi hal yang sangat menakjubkan. Hal ini karena kita bisa membuat dunia yang kita inginkan sendiri, seakan-akan terpisah dari dunia nyata. Ketika banyak perusahaan besar berlomba-lomba mengembangkan VR, Apple justru malah berkutat pada AR.

Sekilas, keputusan Apple ini tidak dianggap sebagai langkah maju. Padahal AR dan VR adalah dua hal yang berbeda, dan tidak bisa membandingkan salah satu lebih baik dari yang lainnya.

Keputusan Apple ini karena Apple menganggap interaksi manusia dengan dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari adalah hal yang terpenting. Dengan demikian, Apple lebih fokus kepada pengembangan AR.

Mulai dari pengembangan ARKit yang memudahkan pengembangan perangkat lunak AR untuk iPhone dan iPad, hingga isu Apple akan mengembangkan perangkat AR dedicated meski hingga kini masih belum tercium seperti apa bentuknya.

Nampaknya keseriusan Apple ini makin terbukti dengan berita diakuisisinya Akonia Holographics oleh perusahaan berlogo buah apel tergigit tersebut. Akonia Holographic adalah salah satu perusahaan pertama di dunia dalam menjual produk lensa AR. Beberapa contoh produk yang diproduksi adalah volume holographic reflective dan waveguide optics untuk elemen tampilan transparan di smart glass.

Meskipun berita ini datang hari ini, namun kabarnya akuisisi ini sudah terjadi sekitar 6 bulan lalu atau lebih. Bisa jadi Apple memang tidak mau banyak membuka mulut dan lebih fokus ke pengembangan produk perangkat keras AR dedicated miliknya.

Nah kira-kira produk apa yang akan dibuat oleh Apple…., dan berapa harganya? πŸ˜€

via Bloomberg

  Wajib Kamu Tahu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.