Home Editorial 5 Tips Memilih Hardisk Eksternal Terbaik untuk Mac

5 Tips Memilih Hardisk Eksternal Terbaik untuk Mac

Tips Membeli Penyimpanan Eksternal Untuk Mac dan MacBook

Kebutuhan akan penyimpanan besar sudah semakin marak. Apalagi dengan hadirnya penyimpanan flash alias SSD yang menawarkan transfer data yang sangat cepat. Semenjak MacBook mulai mengadopsi SSD, kinerjanya mulai meningkat drastis. Namun, pengguna hanya akan mendapatkan kapasitas yang bisa dibilang lebih sedikit. Hal ini juga karena harga SSD masih mahal dan untuk menekan harga, Apple harus menurunkan kapasitasnya.

Meskipun demikian, bukan berarti kamu tidak bisa menambah penyimpanan MacBook milikmu. Kamu bisa membeli penyimpanan tambahan yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan beragam file penting berukuran besar. Berikut ini adalah tips untuk membeli penyimpanan eksternal untuk MacBook kamu

Beli Harddisk (HDD), Jangan SSD

Jika kamu menginginkan ekspansi kapasitas penyimpanan dengan harga terjangkau, maka kamu harus membeli Harddisk. SSD menawarkan kecepatan transfer yang sangat tinggi, namun harganya cukup mahal. Jika kamu membeli SSD, maka hampir sama dengan harga upgrade MacBook yang berukuran lebih besar. Lebih baik pilih Harddisk karena penyimpanan besar dan harga lebih murah.

Beli Baru, Jangan Bekas

Harddisk termasuk komponen yang rawan akan kerusakan. Guncangan tertentu bisa merusak harddisk. Bahkan, ketika kamu mengeluarkan harddisk dengan tidak benar bisa saja harddisk tersebut mengalami file korup. Oleh karena itu, harddisk perlu mendapatkan perlakuan khusus agar tidak mudah rusak.

Karena kerawanannya inilah, lebih baik investasikan lebih uangmu untuk membeli harddisk eksternal yang kondisinya masih baru. Meskipun harddisk eksternal bekas kebanyakan juga masih bisa dipakai, tetap saja kita tidak pernah tahu seperti apakah perlakuan pengguna sebelumnya terhadap harddisk ini.

Beli Ukuran Kapasitas Besar

Harddisk eksternal pada dasarnya adalah komponen luar untuk memenuhi kebutuhan kita akan penyimpanan tambahan. Jadi, sangat disarankan untuk membeli harddisk eksternal dengan kapasitas terbesar yang bisa kamu beli. Selain faktor kapasitas, biasanya harganya lebih murah jika dihitung lebih detail. Misalnya harddisk eksternal 500GB seharga 500.000 rupiah, namun dengan merek dan model yang sama kamu bisa mendapatkan kapasitas 1TB kurang dari 1 juta rupiah.

Beli Merek Terkenal

Bukan bermaksud meremehkan kualitas harddisk eksternal dari produsen lain, namun ada kalanya kamu juga harus mempertimbangkan “reputasi” merek yang akan kamu gunakan. Beberapa merek terkenal seperti Toshiba terkenal bagus dalam hal kualitas. Meskipun begitu, kamu tetap bisa membeli merek lain jika kamu yakin kualitasnya terbukti. Siapa tahu bisa mendapatkan harga yang lebih murah kan?

Buat Partisi Jika Perlu

OS X menggunakan file sistem buatannya sendiri. Jadi sistem tersebut tidak akan bisa dikenai aksi tulis (copy paste) jika digunakan di Windows. Mungkin memang ada format yang bisa dibaca di Windows dan OS X seperti FAT32 atau ExFAT, namun kemampuannya sangat terbatas. Oleh karena itu, jika perlu buatlah partisi untuk OS X dan Windows jika kamu ingin menggunakannya di banyak OS. Buat juga satu lagi partisi untuk keperluan Time Machine.

Nah, seperti itulah beberapa tips membeli harddisk. Bagaimana? Ada masukan lain?

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong