Petinggi Siri Terakhir Resmi Pergi Tinggalkan Apple

Siri adalah salah satu asisten digital cerdas yang ada pada smartphone. Awalnya adalah sebuah aplikasi mandiri yang ada di App Store, namun akhirnya Apple mengakuisisi Siri dan membawa Siri masuk ke ekosistem Apple.

Kini Siri sudah dijumpai di iOS, tvOS, watchOS, dan macOS. Beberapa perangkat lain seperti HomePod juga menggunakan Siri sebagai komunikasi antara HomePod dengan pengguna HomePod.

Apple juga terus mengembangkan Siri. Mulai dari menambahkan berbagai fitur baru, menambah dukungan pengetahuan yang baru, hingga merilis SiriKit yang bisa digunakan oleh para pengembang pihak ketiga untuk menggunakan Siri di berbagai aplikasi dan layanan mereka di platform Apple.

Untuk kamu penggemar Siri, ada satu kabar menarik hari ini. Ya, Tom Gruber yang merupakan satu-satunya pencipta Siri yang tersisa di Apple, hari ini resmi meninggalkan Apple. Sebelumnya, dia bekerja di Apple dan menjabat Head of Siri’s Advanced Development.

Dia pergi meninggalkan Apple bukan karena dipecat oleh Apple atau merasa bersalah dengan kegagalan Siri sehingga harus mengundurkan diri, tetapi murni karena keinginannya sendiri yang memutuskan untuk mengejar minat dan passion pribadi dalam hal fotografi dan konservasi laut.

Pendiri Siri yang lain, yaitu Dag Kittlaus dan juga Adam Cheyer juga keluar dari Apple. Dengan demikian, kini sudah tidak ada lagi para pendiri Siri yang bekerja di Apple. Lalu apakah pengembangan Siri akan dihentikan oleh Apple?

Tentu saja tidak. Apple akan terus berkomitmen mengembangkan Siri di berbagai platform andalannya. Tentu Apple juga harus merombak susunan tim pengembang Siri karena kursi jabatan yang ditinggalkan Tom Gruber kini kosong.

via 9to5Mac

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.