iPhone Terbaru Akan Hadir Tanpa Port Lightning atau USB-C?

iPhone X hadir dengan desain yang benar-benar baru. Menghilangkan tombol Home, membuat tampilan depannya penuh dengan layar, serta menyisakan secuil bezel di bagian atas atau yang lebih dikenal dengan nama Notch adalah inovasi Apple dalam iPhone X.

Namun apakah inovasi ini membuat Apple puas? Apple kabarnya masih belum puas dengan itu semua. Kabar terbaru, Apple benar-benar akan menghilangkan port Lightning sehingga iPhone akan benar-benar mengandalkan koneksi nirkabel alias Wireless.

Misalnya saja untuk terhubung ke komputer atau laptop, kamu sudah tidak perlu lagi kabel karena bisa terhubung secara nirkabel atau Wireless. Kamu juga bisa mengisi baterai secara nirkabel. Dengan demikian, penggunaan port Lightning akan benar-benar hilang, serta rencana iPhone dengan koneksi port USB-C juga tidak akan pernah ada.

Dilansir dari CNET, Apple sebenarnya berencana untuk merilis iPhone X tanpa port Lightning maupun USB-C. Apple memang benar-benar “keras” untuk urusan menghilangkan port. Mulai dari berbagai port di MacBook dan MacBook Pro, jack audio 3.5mm di iPhone, dan sekarang berencana menghilangkan port Lightning di iPhone.

Namun rencana untuk menghilangkan port Lightning di iPhone X ini sepertinya harus ditunda mengingat solusi pengisian daya nirkabel alias wireless charging dari Apple sendiri memang belum benar-benar siap. Jika sudah siap, tentu tidak menutup kemungkinan Apple akan menerapkannya di iPhone generasi terbaru di masa depan.

Aksesori pengisian daya nirkabel dari Apple adalah AirPower, yang sudah diperkenalkan di Apple Special Event 2017 yang lalu. Namun hingga kini AirPower masih belum juga dirilis ke pasaran karena diprediksi Apple memang belum benar-benar siap merilis produk ini.

via CNET

  Fitur Baru di iOS 12 Beta 4  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.