Ngeri! iPhone 5S Makin Ngebut Setelah Update iOS 12

iOS 12 resmi diperkenalkan oleh Apple di event WWDC 2018 hari ini. Ya, Apple juga sudah merilis update iOS 12 versi Developer Beta ke semua developer yang terdaftar dalam program Apple Developer. Semua iPhone dan iPad, termasuk iPhone 5S yang paling lawas juga sudah mendapatkannya.

Pertanyaan muncul seputar bagaimana kinerja iOS 12 di perangkat iPhone 5S? Sekedar informasi, iPhone 5S merupakan perangkat iOS paling lawas di antara semua yang resmi kebagian iOS 12. Tentu secara teori iPhone 5S akan mendapatkan kinerja yang sangat lambat dan lebih lemot dari ketika masih menggunakan iOS 11.

Ternyata pemikiran seperti ini SALAH BESAR! Apple dalam presentasi pertama di event WWDC 2018 sudah langsung menekankan bahwa iOS 12 akan memberikan kinerja yang jauh lebih baik dari iOS 11 di semua perangkat iOS, termasuk iPhone 5S. Itu artinya, iPhone 5S harusnya justru akan makin ngebut dan makin cepat kinerjanya setelah install iOS 12.

Berhubung versi iOS 12 Beta sudah dirilis, tentu sudah banyak orang yang mencoba iOS 12, termasuk di iPhone 5S sekalipun. Sudah banyak orang yang mencoba seperti apa rasanya iOS 12 di iPhone 5S.

Video pertama yang bisa kamu lihat adalah dari channel iAppleBytes ini. Channel ini memang sangat fokus ke perbandingan performa antar iPhone dengan menggunakan iOS berbeda. Kamu bisa jelajahi sendiri isi dari channel ini, namun untuk perbandingan performa iOS 11.4 dengan iOS 12 Beta 1 kamu bisa lihat di video di bawah ini.

Video kedua adalah dari Muzaffar Moorad. Hampir sama seperti video dari iAppleBytes di atas, isinya membandingkan performa iOS 12 dan iOS 11.4 di iPhone 5S.

Kedua video tersebut sudah cukup membuktikan bahwa Apple tidak asal ngomong ketika presentasi. Meskipun tidak jelas berapa persen peningkatan performa di iPhone 5s ini secara keseluruhan, namun pada kebanyakan situasi kinerja iPhone 5S menjadi lebih cepat di iOS 12 ketimbang iOS 11.

Beberapa catatan yang perlu kamu ketahui adalah, iOS 12 yang dipakai ini masih dalam tahap Beta 1 untuk developer saja, dan belum dirilis secara resmi ke publik. Di kasus-kasus iOS sebelumnya, versi Beta 1 adalah versi yang paling berat, lambat, penuh lag, dan bug. Performa iOS baru benar-benar stabil ketika sudah dirilis ke publik.

Di versi Beta 1 dari iOS 12 ini, terlihat kinerja iOS 12 bahkan lebih cepat dari iOS 11. Tidak bisa dibayangkan ketika sudah dirilis ke publik nanti, kinerja iOS 12 pasti bisa lebih cepat lagi. Tentu pengguna perangkat lawas seperti iPhone 5S amat sangat senang.

Bagaimana menurutmu? Keren kan iOS 12?

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.