Whislist: 7 Fitur Baru yang Harus Ada di macOS 10.14

Event tahunan Apple WWDC akan segera dimulai. Pada tahun 2018 ini, WWDC akan diselenggarakan pada 4 Juni 2018. Salah satu yang kemungkinan besar akan diumumkan adalah update terbaru dari macOS 10.14.

Selain nama apa yang akan dipakai Apple dalam rilis resmi macOS 10.14, berbagai fitur baru jelas menjadi yang paling menarik untuk dinantikan, mengingat sejatinya tidak ada fitur yang benar-benar ‘wow’ dalam beberapa rilis macOS terbaru kali ini.

Namun sepertinya hal itu tidak akan kita dapatkan tahun ini. Pasalnya Apple dikabarkan lebih fokus kepada perbaikan bug dan peningkatan sistem saja ketimbang merilis banyak fitur baru. Hal ini tak lepas dari reputasi macOS High Sierra yang mengalami banyak masalah dan bug.

Meskipun demikian, tetap ada beberapa fitur baru yang diharapkan bisa dihadirkan oleh Apple ke macOS 10.14. Fitur baru apa sajakah itu?

 

Unified Design macOS dan iOS

Meskipun rumor aplikasi universal iOS dan macOS sepertinya tidak akan hadir tahun ini, namun setidaknya akan ada langkah awal dari proyek ini. Ya, penyeragaman desain aplikasi iOS dan macOS.

Jika benar akan membuat proyek Universal App untuk macOS dan iOS, setidaknya sudah diterapkan desain baru untuk macOS dan iOS. Ya, desain tersebut bisa mulai diterapkan pada macOS 10.14 yang akan hadir tahun ini.

 

Aplikasi iOS ke macOS

Sudah bukan rahasia lagi jika banyak fitur dan aplikasi yang dulunya cuma ada di iOS kini dirilis juga ke macOS. Beberapa di antaranya adalah Maps, Siri, dan masih banyak lagi. Namun belum semuanya dirilis ke macOS.

Beberapa aplikasi seperti Health misalnya, masih belum dirilis ke macOS. Semenjak dirilisnya Apple Watch, aplikasi Health ini menjadi salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh para pengguna Apple Watch pada iPhone mereka. Mereka bisa melihat seluruh riwayat kegiatan dan kesehatan mereka yang direkam oleh Apple Watch.

 

HomeKit

HomeKit memang belum dirilis ke macOS. Padahal fitur ini sudah cukup lama ada di iOS. Kamu bisa menggunakan berbagai macam peralatan rumah yang mendukung HomeKit lalu melakukan berbagai otomatisasi dengan mudah, seperti mematikan lampu, membuka jendela, dan lain sebagainya.

 

Menu Complications

Complications adalah fitur yang sejauh ini masih terbatas untuk Apple Watch saja. Banyak pengguna Apple Watch berharap fitur ini juga dirilis ke berbagai platform, seperti iOS dan macOS.

 

FaceTime Group

FaceTime adalah salah satu fitur unggulan ketika pertama kali diperkenalkan. Namun entah mengapa Apple seperti tidak terlalu fokus lagi pada pengembangan FaceTime, sehingga seakan-akan FaceTime kini sudah banyak sekali ketinggalan.

Salah satu fitur yang sudah diimplementasikan oleh banyak layanan namun belum diimplementasikan pada FaceTime adalah fitur Group. Kamu bisa melakukan panggilan dengan banyak orang dalam sekali waktu.

 

Peningkatan Split Screen

Split Screen di Mac memang terlihat tidak terlalu bagus. Ya, fitur ini seakan cuma dibuat apa adanya saja. Bahkan beberapa aplikasi pihak ketiga seperti Magnet bisa melakukan banyak hal yang lebih baik dari pada fitur Split Screen bawaan macOS.

 

Peningkatan APFS

Ini dia yang paling ditunggu-tunggu. Fitur APFS memang sudah dirilis ke High Sierra, namun masih terbatas untuk pengguna yang menggunakan Mac dan MacBook dengan penyimpanan SSD saja.

Kabarnya APFS untuk Fusion Drive juga akan segera dirilis oleh Apple. Selain APFS untuk Fusion Drive, saja fitur APFS di macOS 10.14 menjadi lebih baik dan lebih stabil lagi.

Bagaimana? Fitur baru apa yang kamu inginkan di macOS 10.14 yang akan datang?

via MacRumors

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.