Home iPhone Biaya Face ID terlalu Mahal, Manufaktur Android Berfokus pada on-screen Fingerprint

Biaya Face ID terlalu Mahal, Manufaktur Android Berfokus pada on-screen Fingerprint

Fitur Face ID Bantu Kurangi Volume Suara Alarm iPhone

Biasanya hanya perlu beberapa minggu bagi perusahaan pembuat ponsel, khususnya mereka di Tiongkok, untuk mengopi fitur perangkat yang dibuat oleh perusahaan yang lebih populer seperti Apple dan Samsung. Namun dalam hal sistem pengenalan wajah milik Apple, nampaknya ada hambatan besar di sini: harga teknologinya yang tinggi.

Meskipun Apple bukan perusahaan pertama yang menghadirkan fitur pengenalan wajah ke smartphone, sistemnya yang disebut Face ID tersebut menggunakan kamera 3D sensing yang memberikan pemindaian lebih akurat serta keamanan yang lebih canggih.

Tidak mengejutkan bahwa para produsen ponsel Android langsung meneliti teknologi tersebut. Tapi menurut laporan dari Digitimes, mereka tidak dapat mengopinya begitu saja karena biaya teknologi tersebut terlalu mahal. Modul 3D sensing saat ini dijual dengan harga USD 30 dan USD 50 per unit, dan ini terlalu mahal jika ditanamkan pada perangkat yang dijual dengan harga hanya beberapa ratus dolar.

Produsen ponsel Android berharap bahwa harga sistem ini akan turun pada tahun 2018 seiring dengan makin banyak perusahaan akan menggunakannya dan produksi akan segera dimulai oleh pemasok lain. Akan tetapi pasokan komponen ini terus terbatas, dan Apple sudah memonopolinya dengan berupaya untuk menghadirkan Face ID ke tiga model iPhone berbeda tahun ini, yang mana akan memerlukan lebih banyak modul, sehingga kemungkinan harganya tidak akan turun dengan cepat.

Sebagai akibatnya, OEM Android di Tiongkok kemudian menunda rencana untuk menghadirkan 3D sensing ke ponsel mereka dan memilih solusi yang sudah ada, seperti fingerprint scanner. Laporan menyebutkan bahwa Samsung juga belum akan menawarkan aplikasi 3D sensing dalam waktu dekat ini, didukung juga oleh fakta bahwa perusahaan tersebut sudah menawarkan pengenalan wajah plus iris di perangkat flagship miliknya.

Teknologi 3D sensing yang unik di iPhone X itu sendiri menciptakan kesulitan bagi Apple sendiri, yang mana menjadikan ini sebagai salah satu faktor tertundanya rilis perangkat tersebut.

 

Sumber: 9to5mac, Softpedia News

  Android P Makin Mirip iPhone X, Ponsel Gaming Xiaomi, dsb!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

I'm into introversion.. Totally!..