Home News IOS 10 Bisa Ambil Foto RAW?

IOS 10 Bisa Ambil Foto RAW?

IOS 10 Bisa Ambil Foto RAW?

Meskipun iOS 10 sudah banyak dibeberkan fitur dan kemampuannya, ternyata masih ada saja beberapa fitur yang belum dibeberkan. Salah satunya adalah kemampuan iPhone dalam mengambil gambar berformat RAW.

Dilansir dari Cult of Mac, iOS 10 memungkinkan penggunanya untuk mengambil gambar dengan kamera belakang dan menyimpannya dengan format mentah RAW. Fitur ini ada berkat kehadiran AVCapturePhotoOutput yang baru pada aplikasi kaera.

Bukan cuma kamera bawaan saja, namun aplikasi pihak ketiga juga punya akses untuk membidik gambar dan menyimpannya ke dalam format gambar mentah RAW ini. Tentu saja ini adalah kabar gembira bagi para pecinta fotografi mobile.

Sekedar informasi saja, gambar mentah adalah gambar yang belum tersentuh sama sekali oleh pemrosesan apapun. Semua informasi akan terekam dalam gambar dan diambil apa adanya. Format gambar mentah sudah didukung oleh beberapa produsen smartphone. Contoh produk awal adalah Nokia Lumia 1520. Kamera ponsel Lumia tersebut bisa menyimpan gambar RAW dalam format DNG, sebuah format Adobe Proprietary.

Apa keuntungannya menggunakan gambar mentah RAW? Kamu tidak akan kehilangan informasi apapun. Kamu bisa mengedit berbagai aspek seperti pencahayaan, pewarnaan, dan lain-lain jauh lebih baik dibandingkan dengan gambar yang sudah diproses (matang) seperti .JPEG. Kekurangannya adalah setiap gambar yang disimpan dalam format RAW selalu besar. Satu foto berukuran 16 MP bisa berukuran 30 MB.

Bagaimana menurutmu? Menarik bukan?

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong