Kemarin Twitter mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan support Twitter untuk Mac dan berharap agar pengguna Mac mengakses Twitter dari web client saja. Raksasa media sosial ini mengumumkan melalui twitnya bahwa aplikasi Twitter untuk Mac kini ‘hanya memiliki waktu 30 hari untuk hidup’, dan setelah itu tidak akan lagi didukung.

Meskipun demikian, Twitter tidak menyebutkan apakah aplikasi tersebut tidak akan berfungsi lagi atau bakal tetap berfungsi cuma tanpa dukungan. Kelihatannya ini adalah karena Twitter untuk Mac kesulitan untuk menghadapi aplikasi pihak ketiganya sendiri: Twetbot dan Twitterific yang lebih disukai pengguna macOS. Aplikasi Twitter tersebut memiliki traffic yang jauh lebih kecil dibandingkan pesaingnya tersebut.

Saat ini, Twitter menyarankan untuk menggunakan web client di Mac Mac untuk mendapatkan pengalaman penuh. ‘Kematian’ aplikasi ini nampaknya tidak begitu mengejutkan karena aplikasi ini telah lama diabaikan selama beberapa tahun semenjak pengubahan desain mayor yang dilakukan oleh MacOS agar lebih sejalan dengan iOS.

Para analis memperkirakan bahwa ini juga merupakan pertanda bahaya yang lebih besar, yaitu kemungkinan platform aplikasi di Mac Store adalah kegagalan. Berat untuk diakui, tapi memang sebagian besar aplikasi di Mac Store lebih buruk dibandingkan desain di iOS, belum lagi pengguna MacOS mau tidak mau harus membeli dua kali aplikasi tersebut karena perbedaan antara MacOS dan iOS.

Analis teknologi lain berpendapat, bahwa ini kemungkinan juga merupakan pertanda bahwa Apple mempertimbangkan untuk membawa aplikasi iOS ke Macbook (seperti halnya Windows 10) sehingga Twitter merasa tidak perlu lagi untuk mengembangkan aplikasi berbasis MacOS.

Bagaimanapun kemungkinannya, untuk kamu yang masih menggunakan Twitter di Mac (seperti saya), masih ada waktu sebulan lagi untuk bersenang-senang. Setelah itu mungkin kita harus menggunakan versi web client atau aplikasi pihak ketiga!

 

Sumber: 9to5Ma

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.